Seputar Kaltara

Seperlima Penduduk Kabupaten di Kaltara Ini Ternyata Transmigran

Jumlah transmigran yang sudah ditempatkan di Kabupaten Bulungan Provinsi Kalimantan Utara melalui program transmigrasi sejak tahun 1973 hingga tahun 2

Seperlima Penduduk Kabupaten di Kaltara Ini Ternyata Transmigran
TRIBUN KALTIM/DOAN PARDEDE
Warga beraktivitas di salah satu permukiman transmigrasi yang ada di Kabupaten Bulungan, belum lama ini. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG SELOR - Jumlah transmigran yang sudah ditempatkan di Kabupaten Bulungan Provinsi Kalimantan Utara melalui program transmigrasi sejak tahun 1973 hingga tahun 2017, sudah mencapai 8.389 Kepala Keluarga (32.320 jiwa).

Informasi yang dihimpun Tribun, Senin (31/7), jumlah penduduk Kabupaten Bulungan saat ini mencapai sekitar 150 ribu jiwa.

Dengan kata lain, jumlah penduduk yang berasal dari program transmigrasi sudah mencapai seperlima dari total jumlah penduduk yang ada.

Bupati Bulungan Sudjati ketika bertemu Tim Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) di kantor Bupati Bulungan, pekan lalu menyampaikan, Pemkab Bulungan sangat mendukung program transmigrasi, sebagai salah satu upaya untuk pemerataan penduduk.

"Kita berharap program transmigrasi ini bisa mendorong daerah-daerah terpencil dan tertinggal untuk bangkit," ujarnya.

Hingga saat ini, jumlah Unit Permukiman Transmigrasi (UPT) yang sudah dibangun, yang berada di kawasan food estate sebanyak 11 UPT.

Khusus di Kabupaten Bulungan, menurutnya masih sangat memungkinkan menjadi tujuan penempatan transmigran.

Saat ini, paparnya, ada lahan seluas 10 ribu hektare yang sudah dikuatkan dengan surat Nomor HPL.26/HPL/KEM/ATR/BPN/2017 tertanggal 20 Januari 2017.

Saat ini juga sudah ada calon lokasi penempatan transmigrasi yang sudah siap, yakni di Tanjung Buka SP 6B (300 KK), Tanjung Buka SP 10 (345 KK) dan Tanjung Buka SP 11 (300 KK).

Sudjati juga menyampaikan, baru-baru ini, Pemkab Bulungan juga mendapatkan kunjungan dari Pemprov Jateng seputar penempatan transmigran yang berasal dari wilayah tersebut.

Halaman
12
Editor: Ernawati
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help