Berita Banjarmasin

Koran Lama BPost di Perpusda dan Museum Lambung Mangkurat (2)

Tak hanya koran edisi terbaru, koran Banjarmasin Post edisi lama pun masih tersimpan di sana, termasuk edisi perdana 2 Agustus 1971

Koran Lama BPost di Perpusda dan Museum Lambung Mangkurat (2)
dokumen
BPost edisi Kamis (3/8/2017) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Jejeran harian Banjarmasin Post rapi tersusun di ruang perpustakaan Museum Lambung Mangkurat Banjarbaru. Koran yang dijilid per bulan ini bisa dibaca oleh siapa saja pengunjung perpustakaan museum yang berkunjung.

Tak hanya koran edisi terbaru, koran Banjarmasin Post edisi lama pun masih tersimpan di sana, termasuk edisi perdana 2 Agustus 1971. Sejak museum didirikan 1979 sejak itulah museum Lambung Mangkurat mulai berlangganan koran dan mengoleksinya.

Tumpukan koran hitam putih dengan warna kertas yang masih kekuningan itu masih tersimpan rapi.

Kata Jumadi, pengelola perpustakaan, museum sudah mengoleksi koran Banjarmasin Post sejak museum berdiri. “Sejak berdiri museum, kita sudah langganan koran Banjarmasin Post,” ujarnya.

Jumadi mengakui perawatan cukup sulit karena merupakan koleksi berbahan kertas. Setiap tiga bulan sekali ruangan penyimpanan koran diberi kapur barus agar tak ada serangga yang menggerogoti koran. “Setiap tiga bulan kita periksa dan diberi kapur barus,” ujarnya.

Menurut Darmanto,analis pemanfaatan cagar budaya dan koleksi museum, suhu ruangan penyimpanan koran harus selalu dijaga. Baik unsur kelembaban dan udara di dalam ruangan.

Secara prinsip, jelas dia, memelihara koran lama harus berproses, mulai pelestarian dengan berlangganan koran dan mengoleksinya. Kemudian juga perlindungan dengan dilakukan penjilidan koran setiap bulan. Selanjutnya, koran akan dimanfaatkan untuk keperluan tertentu. Biasanya koran yang menyimpan sejarah suatu bangsa akan bisa digunakan untuk dikembangkan oleh para intelektual.

“Bisa untuk meningkatkan kualitas hidup dan sebagai bahan kajian masyarakat,” ujarnya.

Selengkapnya baca harian Banjarmasin Post, Kamis (3/8//2017), atau klik http://epaper.banjarmasinpost.co.id

Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help