BanjarmasinPost/
Home »

Video

Berita Martapura

NEWSVIDEO : Pasar Ikan Kalimati Lima Tahun Dibiarkan Kosong

Aluh mengatakan, semestinya pemerintah sebelum membangun tempat tersebut lebih dulu menampung aspirasi pedagang.

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Sebanyak 40 lebih lapak pedagang di Pasar Ikan Kalimati, Murung Mesjid, Kecamatan Martapura Kota, Kabupaten Banjar, Kalsel dibiarkan tak dipakai.

Meskipun lokasi tersebut sudah dilengkapi meja dan wadah penampungan ikan berbahan keramik, namun tak satu pun pedagang ikan yang terlihat menempati lapak tersebut siang itu.

Para pedagang malah terlihat leluasa menempati bahu jalan guna menggelar dagangannya.

Berdasarkan informasi seorang pedagang ikan, Aluh, kosongnya Pasar Ikan Kalimati sudah terjadi sejak lima tahun silam. Menurutnya hal tersebut dikarenakan beberapa pedagang merasa tidak sesuai atas lapak yang disediakan pemerintah.

"Kalau dulu ukurannya, lebar 1,5 meter dan panjang 2,5 meter. Sedangkan sekarang, masing-masing pedagang cuman satu meter saja. Makanya kami pun lebih memilih pindah, mencari lapak lain," ujarnya, Rabu (2/8/2017) siang

Lebih lanjut, Aluh mengatakan, semestinya pemerintah sebelum membangun tempat tersebut lebih dulu menampung aspirasi pedagang. Sehingga saat lapak selesai terbangun, peruntukkannya pun selain sesuai keinginan juga betah ditempati pedagang.

"Sementara setelah pasar ini kebakaran saat beberapa tahun yang lalu, tiba-tiba saja pihak pemerintah membangun lapaknya seperti ini," jelasnya.

Selain itu, Aluh juga menuding lantaran lokasi terbangunnya pasar yang tidak tepat, membuat pasar ikan Kalimati tersebut kini berangsur sepi. Pasar ikan tersebut juga berangsur ditinggalkan pedagang lainnya, berjualan di lapak lain.

"Kami inginnya bangunan ini dibongkar, dan dikembalikan seperti semula. Karena kalau lapak kecil seperti ini, saya yakin sampai nanti tidak ada yang mau menempatinya," pungkas perempuan yang sudah berjualan berpuluh-puluh tahun di Pasar Kalimati tersebut.

Sedangkan Plh PD Pasar Bauntung Batuah Martapura, Rusdiansyah saat dikonfirmasi terkait hal itu di kantornya, enggan memberikan tanggapan dan menemui wartawan.

Melainkan ia melalui seorang pegawainya, mengarahkan konfirmasi persoalan tersebut ke bagian humasnya.

Sementara Gusti Andre, Humas PD Pasar Bauntung Batuah, mengakui kondisi Pasar Ikan Kalimati memang berangsur lama sudah kosong. Namun pihaknya saat ini masih mencari solusi dan pendekatan terhadap pedagang agar lapak tersebut pun nantinya bisa ditempati.

"Mengenai keinginan warga Pasar Ikan tersebut dibongkar dan dikembalikan seperti semula, mungkin hal ini akan kami kaji terlebih dahulu. Pasalnya memerlukan dana yang besar dan pertimbangan yang matang terhadap bangunan yang sudah ada," jelasnya.

Penulis: Ahmad Rizky Abdul Gani
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help