Kuliner Banjarbaru

Nugget Pisang 'Tampuy' Bikin Penasaran

Jelas tak ditemukan di pasaran, nugget pisang berawal dari program kuliah kerja nyata (KKN) mahasiswa Fakultas Pertanian UNLAM

Nugget Pisang 'Tampuy' Bikin Penasaran
nia kurniawan
Mahasiswa kuliah kerja nyata (KKN) mahasiswa Fakultas Pertanian UNLAM di Tambarangan membuat nugget pisang. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Sudah bosen dengan pisang goreng yang dibalut dengan tepung atau sekedar menikmatinya saat dijadikan pisang goreng biasa? Kini pisang diolah jadi produk nugget pisang. Soal urusan rasa tak perlu diragukan.

Jelas tak ditemukan di pasaran, nugget pisang berawal dari program kuliah kerja nyata (KKN) mahasiswa Fakultas Pertanian UNLAM di Tambarangan. Para mahasiswi dari kelompok 7 melihat produksi buah pisang disekitar tempat tinggal di Tambarangan yang melimpah, lalu kepikiran untuk mengolah inovasi dari pisang jadi menu kuliner yang khas.

Suatu produk makanan berbahan baku pisang, nugget pisang.

Nurul Syaubah, mahasiswi program studi Agribisnis Fakultas Pertanian UNLAM Banjarbaru semester 7 menceritakan awal mula membuat nugget pisang.

Mahasiswa kuliah kerja nyata (KKN) mahasiswa Fakultas Pertanian UNLAM di Tambarangan.
Mahasiswa kuliah kerja nyata (KKN) mahasiswa Fakultas Pertanian UNLAM di Tambarangan. (nia kurniawan)

Ide ini muncul setelah melihat adanya potensi pasar yang cukup besar terhadap produk tersebut.

"Alasannya karena di Tambarangan cukup banyak terdapat pohon pisang. Buah pisang biasanya hanya dimanfaatkan menjadi produk-produk makanan yang banyak dijumpai dipasaran, misalnya pisang goreng. Padahal pisang juga dapat di olah menjadi nugget yang selain untuk dikonsumsi pribadi juga dapat dijual" ucap Nurul.

Disambut baik Lurah Tambarangan dan para warga. Ramai-ramai warga Tambarangan meluangkan waktu praktik membuat olahan itu.

Bersama Muhammad Abiel malik, Elmasari Pebtianti, Nurul Syamsiah, Muhammad Irvani Habibie, Ahmad Maulidin, Muhammad Saubari, Barakat Ramma Patuah, dan Adetya Mardita Fitria Ningrum.

"Nama yang diberikan untuk produk nugget pisang ini yaitu nugget pisang "TAMPUY" yang artinya Tambarangan Punya dengan maksud supaya menjadi oleh-oleh khas dari Tambarangan," katanya. (Kur)

Penulis: Nia Kurniawan
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help