Berita Banjarmasin

Duta Bahasa Ini Ingin Perkenalkan Ragam Bahasa Lewat Video Edukasi

"Kami telah memproduksi video verbal Kalsel itu sejak 16 Juli lalu dan baru kami publikasikan pertama kalinya 4 Agustus 2017"

Duta Bahasa Ini Ingin Perkenalkan Ragam Bahasa Lewat Video Edukasi
syaiful anwar
Shaula Chintya Sari 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Ingin memperkenalkan ragam bahasa di Kalsel, pasangan Duta Bahasa Kalsel 2017, Shaula Chintya Sari.

Muhammad Andri telah meluncurkan video edukasi Ragam Bahasa Daerah Kalsel.

"Kami telah memproduksi video verbal Kalsel itu sejak 16 Juli lalu dan baru kami publikasikan pertama kalinya 4 Agustus 2017 melalui media sosial," ucap Shaula, Duta Bahasa Kalsel ini).

Ditambahkan Mahasiswi semester 5 Fakultas Kedokteran Gigi Unlam ini video ini merupakan hasil dari program kerja mereka.

"ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan rasa cinta masyarakat terhadap bahasa daerah Kalsell," jelasnya.
Sejauh ini, lanjut Shaula, mereka optimis masyarakat akan menerima program mereka dengan baik.

"Karena isi video kami buat ringan agar mudah dipahami dan nyaman dilihat mengikuti hal-hal yang disukai anak remaja masa kini," tandasnya.

Perempuan kelahiran Banjarmasin 26 Desember 1998 ini, salah satu hal yang mendorong untuk membuat video edukasi ini adalah masih sedikit masyarakat khususnya, dikalangan remaja yang memiliki pengetahuan lebih mengenai bahasa daerah di Kalsel, selain bahasa Banjar.‬

Padahal, di Kalsel merupakan salah satu provinsi yang memiliki beragam bahasa daerah yang menunjukkan daerah kaya akan suku bangsa yang hidup saling berdampingan.

"Bahasa daerah di Kalsel ada sebanyak 18 buah, baik yang berasal dari suku asli Kalimantan maupun dari luar," jelasnya.

Ditambahkan Shaula, ‪Bahasa Banjar menjadi bahasa yang paling memasyrakat. Dikarenakan bahasa ini berperan sebagai lingua franca (bahasa pengantar) bagi penduduk di Kalimantan Selatan.

Dia berharap, dengan adanya program Verba Kalsel dari Duta Bahasa Kalsel 2017 yang bekerja sama dengan Balai Bahasa Kalimantan Selatan serta masyarakat, mereka berharap bahasa daerah lainnya juga dapat lebih dikenal oleh masyarakat luas.‬

Menurut Shaula, dalam video edukasi yang mereka produksi juga terdapat video penutur asli beberapa bahasa daerah yang ada di Kalsel. (Syaiful Anwar)

Penulis: Syaiful Anwar
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved