Kuliner

Nasinya Hijau Bertabur Daun Kemangi

Semuanya merupakan paduan berbagai rempah dan buah khas Indonesia yang pastinya bakal sukses memanjakan lidah para penikmatnya.

Nasinya Hijau Bertabur Daun Kemangi
Halaman 14 Harian Banjarmasin Post Edisi Cetak Minggu (6/8/2017) 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Menyambut hari kemerdekaan ke 72 Indonesia, bulan Agustus ini manajemen Blue Atlantic International Hotel menyediakan empat menu spesial, terdiri dari tiga makanan dan satu minuman. Semuanya bertema Indonesia, bahkan minumannya berwarna merah putih.

Semua menu spesial itu bisa dipesan di Coppa Cabana Café & Resto yang ada di lantai bawah hotel yang berada di Jalan Pangeran Antasari nomor 18, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, ini. Menu istimewa yang disajikan yaitu Nasi Bakar, Nasi Goreng Kemangi, Mi Celor Palembang, dan Jus Indonesia.

Semua menu tersebut menawarkan cita rasa nikmat dan segar. Semuanya merupakan paduan berbagai rempah dan buah khas Indonesia yang pastinya bakal sukses memanjakan lidah para penikmatnya.

Mi Celor Palembang, misalnya. “Selama ini kuliner khas Sumatera Selatan yang terkenal dimana-mana hanya pempek, padahal banyak lagi yang lainnya, di antaranya adalah mi celor ini. Walau dibuat dan disajikan di Banjarmasin, cita rasanya tetap sama,” ucap Sales Executive Blue Atlantic International Hotel, Mina Velayati, kemarin.

Mi ini berkuah perpaduan santan dan kaldu ebi. Isinya berupa mi, telur rebus, dan sayuran seperti daun bawang. Disajikan dalam mangkuk, porsinya cukup mengenyangkan, cocok untuk bersantap pagi, siang dan malam. Seporsinya dijual seharga Rp 33 ribu.

Rasa gurih santannya sangat mendominasi. Kuahnya kuning. Disajikan panas akan sangat nikmat untuk disantap. Aromanya yang sedap tercium sekali. Selain gurih, rasa segarnya juga nian terasa. Belum lagi berpadu dengan asin dan gurihnya khas telur ayam rebus. Tekstur minya tak terlalu keras juga tak lembek.

Menu Nasi Bakarnya juga tak kalah sedapnya. Porsinya juga cukup mengenyangkan. Seporsinya dijual Rp 36 ribu. Nasinya menggunakan beras Banjar, dibakar dengan dibungkus daun pisang. Nasinya terasa lembut, ada sedikit rasa manis dan gurih saat menyantapnya.

Nasinya berisi jamur, daging ayam, cabai, teri, dan tempe. Terasa sedap jika disantap dengan sambal yang disajikan sepaket dengan nasinya. Tampilannya tampak manis karena disertai lalapan berupa irisan tomat dan mentimun. “Selain itu dilengkapi juga oleh tempe dan tahu goreng,” tambahnya.

Mau yang sedap lagi, bisa pesan menu Nasi Goreng Kemangi. Sesuai namanya, nasi goreng ini mengandung daun kemangi. Warna nasinya menjadi hijau karena sudah dicampuri kemangi. Saat menyantap, tercium sekali aroma wangi dan lembut kemanginya.

Nasinya terasa empuk di lidah dan tak terlalu pecah. Bumbunya menggunakan beberapa rempah sehingga rasa rempahnya kuat sekali di samping aroma kemangi tadi. Rasa gurih juga terasa dari taburan bawang goreng di atasnya.

Sebagai pelengkapnya, ada lalapan seperti mentimun, tomat serta daun selada, emping goreng, telur rebus, dan acar. “Ini menu andalan kami di sini. Seporsinya kami jual Rp 36 ribu,” sebut Mina seraya menuturkan porsi yang disajikan lumayan mengenyangkan.

Selain ketiga makanan di atas, ada juga minumannya seperti Jus Indonesia yang dibanderol Rp 30 ribu segelas. Minuman ini tampak unik karena warnanya merah putih seperti bendera Indonesia. Memang sengaja dibuat demikian karena untuk menyambut hari kemerdekaan ke-72 Indonesia yang bakal diperingati pada 17 Agustus nanti.

Minuman ini merupakan campuran semangka, leci, dan santan. Warna putih dan merahnya tampak tak menyatu, menurutnya itu karena ada campuran santannya. “Jadi, merahnya dari semangka dan putihnya dari campuran leci dan santan,” tandas Mina.

Rasanya tentu saja sangat menggoda. Apalagi disajikan dalam keadaan dingin. Ini merupakan jus sehat yang tampilannya cukup menggairahkan. (ath/*)

Baca ini telah diterbitkan di Harian Banjarmasin Post Edisi Cetak Minggu (6/8/2017)

Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help