Berita Tapin

Status Cagar Budaya Dihapus, Makam Datu Sanggul Tetap Marak Dikunjungi

Meskipun Makam Datu Sanggul di Tatakan Kabupaten Tapin telah dihapus dari situs cagar budaya, tetapi tidak ada pengaruhnya dengan jumlah kunjungan.

Status Cagar Budaya Dihapus, Makam Datu Sanggul Tetap Marak Dikunjungi
banjarmasinpost.co.id/ibrahim
Ilustrasi - Para peziarah memadati kawasan makam Datu Sanggul, Selasa (13/9/2016). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Meskipun Makam Datu Sanggul di Tatakan Kabupaten Tapin telah dihapus dari situs cagar budaya, tetapi tidak ada pengaruhnya dengan jumlah kunjungan.

Pantauan BPost, Senin (7/8/2017) di makam yang berjarak sekitar 15 kilomter dari Kota Rantau itu, pengunjung datang seperti biasa.
Mobil dan motor pejiarah tetap banyak yang parkir. Di dalam makam juga puluhan orang melaksanakan berbagai bacaan.

Salah satu pejiarah dari Banjarmasin, Sani mengatakan, Makam Datu Sanggul Tatakan sudah sangat terkenal, meskipun dihapus dari situs cagar budaya, warga tetap ramai berkunjung.

Pengelola Makam Datu Sanggul, Kadir mengatakan pengunjung makam tersebut setiap hari selalu berdatangan, apalagi Sabtu dan Minggu.

Terkait penghapusan status makam itu dari situs cagar budaya. Menurut Kadir tidak ada pengaruhnya dengan tingkat kunjungan pejiarah ke makam itu.

Keberadaan makam tersebut, sangat berefek positif kepada pendapatan pedagang, puluhan warung kaki lima berjualan di sekitar makam tersebut. Selalu dikunjungi pejiarah, baik untuk makan, minum maupun membeli cenderamata. (*)

Penulis: Ibrahim Ashabirin
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved