Otomotif

NEWSVIDEO: Kehadiran Mobil Baru Tidak Mempengaruhi Penjualan Mobil Bekas

Kehadiran mobil-mobil model dan tipe tebaru tidak menyurutkan semangat pelaku usaha jual beli mobil seken.

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kehadiran mobil-mobil model dan tipe tebaru tidak menyurutkan semangat pelaku usaha jual beli mobil seken.

Diungkapkan Pemilik Showroom Dina Motor Jalan A Yani Km 11 Banjar, H Arsyad. Penjualan mobil bekas tidak akan menurun karena adanya mobil baru. Justru sebaliknya, malah akan meningkatkan penjualan mobil bekas.

Dia menjelaskan, konsumen tetap menomor satukan kualitas. Mobil bekas, sudah terbukti dan teruji kualitasnya, beda dengan mobil baru yang menurutnya masih meraba-raba, Senin (7/8/2017).

Alasan berikutnya, konsumen memilih mobil bekas karena melihat nilai ekonomisnya. Bagi konsumen yang ingin menjual kembali mobilnya, maka akan berpikir dua kali membeli mobil baru di dealer.

"Kalau mobil bekas, misalkan konsumen membeli mobil seken yang pemakaian baru satu tahun kemudian menjual kembali, maka harganya tidak terlalu jatuh," katanya.

Adapun saat ini penjualan mobil bekas yang masih merajai pasaran adalah Toyota Avanza. Bahkan akhir-akhir ini untuk Avanza All New harga jualnya alami kenaikan antara Rp 5 juta sampai Rp 10 juta.

"Kalau membeli mobil bekas, begitu perlu duit maka menjualnya kembali, harga tidak terlalu jauh beda saat beli," tambah H Arsyad.

Pemilik Showroom Sahabat Motor, M Ridha Hairani mengatakan hal senada. Kehadiran mobil baru tidak akan menurunkan angka penjualan mobil seken.

"Apalagi kalau bicara kualitas, konsumen sudah mengetahui bagaimana kehandalan mobil seken. Beda mobil yang baru keluar, belum mengetahui kekuatan mesin dan bagaimana kalau menjual lagi, harga pasarannya," jelasnya.

Menurutnya, terutama konsumen dari daerah hulu sungai, kebanyakannya lebih memilih mobil seken. Jenis mobil bekas yang masih jadi favorit adalah Toyota Avanza.

"Apalagi kalau Avanza yang bukan bekas rental atau taksi, banyak peminatnya. Kalau di tempat kami berani memberi jaminan, Avanza bukanlah digunakan rental," imbuhnya. (Banjarmasin Post/M Hasby Suhaily)

Penulis: Hasby
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved