BanjarmasinPost/

Barongsai Banjarmasin Wakili Indonesia ke Ajang Internasional Barongsai di Malaysia

Komunitas Barongsai di Kalsel mulai bermunculan. Di antaranya yakni Persatuan Liong dan Barongsai Seluruh Indonesia (PLBSI) Banjarmasin.

Barongsai Banjarmasin Wakili Indonesia ke Ajang Internasional Barongsai di Malaysia
istimewa
Persatuan Liong dan Barongsai Seluruh Indonesia (PLBSI) Banjarmasin. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Barongsai kini kian menggema, termasuk di Kalimantan Selatan. Tarian tradisional Cina berkostum unik menyerupai singa ini sekarang tidak lagi sekadar menjadi penghibur pertunjukan pada acara perayaan Imlek dan Cap Go Meh, tapi juga pada berbagai acara lainnya.

Bahkan kini di Banua ini mulai bermunculan komunitas kesenian negeri Tirai Bambu yang berusia ribuan tahun ini. Di antaranya yakni Persatuan Liong dan Barongsai Seluruh Indonesia (PLBSI) Banjarmasin.

Ketua PLBSI Banjarmasin, Jimmy, menerangkan perkumpulan ini merupakan wadah bagi 11 klub anggota Barongsai di Banjarmasin. "Kalau ditotal jumlah anggota seluruhnya ada sekitar 50 orang dari 11 klub di Banjarmasin itu," sebutnya, Rabu (09/08/2017). 

Selain atas dasar hobi, perkumpulan ini juga didirikan berdasarkan motivasi mempererat persaudaraan anggotanya. Serupa dengan komunitas atau perkumpulan lainnya, PLBSI juga terbuka untuk semua kalangan.

"Kami tidak pernah membeda-bedakan anggota, baik warga Tionghoa, Banjar, Jawa maupun lainnya. Banyak juga anggota kami yang bukan orang Tionghoa. Di komunitas kami, keyakinan anggota juga beragam. Ada yang Islam, Kristen, dan yang lainnya," tuturnya.

Perkumpulan Barongsai ini didirikan sejak dua tahun lalu. Dari beberapa tahun berjalan sudah beberapa angkatan anggota yang bergabung.

Ia mengungkapkan, saat ini banyak perkumpulan barongsai kembali bermunculan. Sekarang tak hanya kaum muda Tionghoa yang memainkan barongsai, tapi banyak pula kaum muda pribumi.

Berbagai prestasi telah diraih di sejumlah tempat di Kalsel. Lebih membanggakan lagi, PLBSI Banjarmasin dipercaya menjadi wakil Indonesia pada ajang Liong Naga yang merupakan kejuaraan internasional Lion dan on Stilt di Penang Malaysia, 18 Agustus 2017 nanti.

Selengkapnya simak di koran Banjarmasin Post edisi, Kamis (10/08/2017).

(khairil rahim)

Penulis: Khairil Rahim
Editor: Idda Royani
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help