BanjarmasinPost/

Berita Banjarbaru

Penilaian Adipura Tahun Depan Lebih Ketat

Tahun 2018 perlu upaya keras mempertahankan Piala Adipura. Pasalnya, penilaian tak hanya berdasar titik pantau tapi melibatkan seluruh kecamatan.

Penilaian Adipura Tahun Depan Lebih Ketat
banjarmasinpost.co.id/nia kurniawan
Penyambutan piala adipura Kota Banjarbaru 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Tahun 2018 perlu upaya keras mempertahankan Piala Adipura. Pasalnya, penilaian tak hanya berdasar titik pantau tapi melibatkan seluruh kecamatan, bahkan masyarakat pun akan dilibatkan langsung untuk menilai.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Lingkungan hidup dan Persampahan Kota Banjarbaru, Fahruddin, Selasa (8/8).

" Karena pada 2018 nanti penilaian dilakukan di seluruh kecamatan, pola penilaian juga masyarakat sendiri yang menilai. Hasil penilaian dikirim ke pusat untuk jadi bahan verifikasi. Polanya diubah ," ucap Fahruddin

Selama ini, penilaian hanya dilakukan tim gabungan regional lalu sampaikan ke pusat. Bagi Banjarbaru tidak terlalu pengaruh, karena sebagai sebuah kota yang hanya memiliki lima kecamatan. Tapi bayangkan, jika sebuah kabupaten yang memiliki sampai 20 kecamatan mau tak mau seluruhnya harus dilaporkan.

Jadi tidak lagi cuma beberapa titik pantau. Kedepannya tentu lebih berat, nanti penilaian ibaratnya tak hanya di lakukan cangkangnya saja dari sebuah kota tapi sampai ke segala penjuru.

Banjarbaru, untuk 2017 saja ada 54 titik pantau diantaranya ada perumahan sekolahan, pasar, taman, sungai, TOA, jalan, kantor pemerintahan , rumah sakit dan puskesmas diantaranya.

"Penilaian ini kedepannya harus kerja ekstra karena melaporkan seluruh kecamatan, hingga pinggiran kota juga dibenahi, alhamdulilah mulai sekarang tuh kecamatan terluar peduli akan lingkungan, optimis lah mempertahankan," kata dia.

Sejak ikut berpartisipasi, Kota Banjarbaru sudah mendapatkan 7 Piala Adipura yaitu Piala Adipura tahun 2009, Piala Adipura tahun 2010, Piala Adipura tahun 2011, Piala Adipura tahun 2012, Piala Adipura tahun 2015, Piala Adipura Kirana tahun 2016 dan Piala Adipura tahun 2017. (*)

Penulis: Nia Kurniawan
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help