Berita Balangan

Begini Pesona Gunung Hauk di Mata Tim Ekspedisi KPH Balangan

Wisata Pendakian Gunung Hauk yang berada di Kecamatan Tebing Tinggi, Balangan saat ini memang mulai ramai dikunjungi.

Begini Pesona Gunung Hauk di Mata Tim Ekspedisi KPH Balangan
ISTIMEWA
tim kph balangan saat berada di puncak gunung hauk 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Wisata Pendakian Gunung Hauk yang berada di Kecamatan Tebing Tinggi, Balangan saat ini memang mulai ramai dikunjungi.

Terutama bagi mereka yang suka dengan petualangan dan tantangan seperti yang dilakukan oleh tim Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Balangan.

Sebagaimana diketahui, pada hari-hari libur seperti Sabtu dan Minggu pengunjung bertambah banyak dan mencapai ratusan orang.

Gunung Hauk adalah salah satu titik tertinggi di Kabupaten Balangan dengan ketinggian 970 mdpl dan berada di Desa Ajung Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Balangan.

Nazaruddin‬ dari KPH Balangan berbagi pengalaman saat mendaki gunung tersebut yang dilakukan pada pertengahan Juli 2017 dengan tajuk Tim ekspedisi dari KPH Balangan sampai ke Puncak Hauk.

"Kegiatan ini dilakukan untuk menginventarisasi potensi wisata dan Jasa Lingkungan guna mengembangkan ekotourism di KPH Balangan," ungkapnya.

Menurutnya pesona Gunung Hauk tak kalah dengan pesona gunung lainnya, hambal lumut dan karang bintang menjadi pesona yang ditemui di tengah perjalanan.

"Kemudian suara burung dan satwa liar lainnya juga akan menemani di sepanjang perjalanan menuju puncak," katanya.

Selain itu hutan yang didominasi kayu palawan membuat Gunung Hauk seperti kemerahan.

Hutan meranti dan suara gemericik sungai membuat suasana sejuk yang dapat menambah energi untuk melanjutkan perjalanan ke puncak gunung.

Sesampai di puncak tim camping/berkemah di Gunung Hauk.

Di sana tersajikan pemandangan gemerlap cahaya lampu desa sekitar pada malam hari dan sunrise yang indah serta kadang-kadang halimun yang tebal menemani kita saat di puncak.

"Bagi para pecinta alam dan masyarakat yang suka petualangan Gunung Hauk juga dijadikan spot untuk memperingati 17 Agustus dengan mengibarkan bendera merah putih di tempat yang tertinggi di Puncak Hauk," pungkasnya.

Penulis: Elhami
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved