Berita Banjarmasin

PPI Kalsel Kirim 40 Anggota ke Jakarta Ikuti Apel Kebangsaan Bersama Presiden Jokowi

Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kalsel, akan mengirimkan 40 anggotanya pada 23 Agustus ke Jakarta mengikuti apel kebangsaan bersama PPI se-Indonesia.

PPI Kalsel Kirim 40 Anggota ke Jakarta Ikuti Apel Kebangsaan Bersama Presiden Jokowi
banjarmasinpost.co.id/edi nugroho
Karantina pendidikan Pakibraka bagi pelajar SMK-SMA se-Kalsel mulai 30 Juli sampai 18 Agustus ini di kawasan Mulawarman Banjarmasin 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Jika tak ada aral, Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kalsel, akan mengirimkan 40 anggotanya pada 23 Agustus mendatang ke Jakarta untuk mengikuti apel kebangsaan bersama anggota PPI seluruh Indonesia.

"Kemungkinan inspektur upacara pada apel kebangsaan itu adalah RI 1, Presiden Jokowi. Kita berharap Gubernur Kalsel Sahbirin atau Paman Birin bisa ikut dalam apel ini. Kita akan kirim sebanyak 40 anggota PPIO," kata M Yusriansyah, pembina/pelatih Paskibraka Kalsel, Kamis (10/8/17).

Dipaparkannya, dari Kalsel diperkirakan ada sebanyak 40 anggota Paskibraka akan ikut dalam apel kebangsaan ini, termasuk 29 siswa SMA/SMK se-Kalsel dikarantina di kawasan Mulawarman Banjarmasin yang telah mengikuti latihan Paskibraka.

"Di Jakarta juga akan dilaksanakan apel Purna Paskibraka seluruh Indonesia," kata Yusriansyah.

Menurutnya, saat ini sebanyak 29 anak-anak SMK/SMA se-Kalsel, berlatih paendidikan baris berbaris, mental, religi dan kedisplinan di kawasan Mulawarman. Setiap pagi ada kultum dan sebelum salat subuh ada kegiatan membaca Alquran," katanya.

Menurut anggota Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kalsel ini, usai salat subuh pun anak-anak tergabung dalam pelatihan Paskibraka ini diberikan ceramah atau ttausyiah subuh. Manfaat dari rangkaian kegiatan ini sangat banyak sekali.

"Dari pembentukan karakter disiplin, kesabaran, toleransi hingga punya jiwa kepemimpinan," ujar Yusriansyah.

Peserta pelatihan Paskibraka ini, sambung Yusriansyah, selama dikarantina mulai 30 Juli sampai 18 Agustus ini mendapatkan juga pelajaran-pelajaran seperti kewiraan hingga kepemudaan.

Hampir sekitar 20 hari mereka dikarantina agar mendapatkan hasil maksimal dalam pendidikan baris berbaris juga pendidikan karakter positif seperti kemandirian hingga jiwa kepemimpinan.

"Peserta pelatihan Paskibraka ini berasal dari siswa SMK/SMA sebanyak 13 kabupaten kota se- Kalsel yang telah diseleksi," ujarnya.

Dijelaskannya, sebanyak 29 siswa SMA/SMK se-Kalsel dikarantina di kawasan Mulawarman Banjarmasin. Usai menjalani pendidikan Paskibraka ini, para pelajar akan dikembalikan ke daerah masing-masing. (*)

Penulis: Edi Nugroho
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help