BanjarmasinPost/

Berita Banjarbaru

Amanullah: Modus Penipuan Ini Sering Terjadi di Saat Musim Haji

“Kami segera turun menelusuri laporan penipuan ini dan berkoordinasi dengan Kementerian Tenaga Kerja hingga ke Bareskrim Polri"

Amanullah: Modus Penipuan Ini Sering Terjadi di Saat Musim Haji
dok
BPost edisi Jumat (11/8/2017) 

BANJARMASINPOST.CO.ID - BALAI Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Banjarbaru memastikan janji berangkat ke Arab Saudi untuk menjadi tenaga kerja musiman hingga bisa berhaji yang dialami warga Kalsel hanya salah satu modus penipuan. Modus penipuan ini sering terjadi di saat musim haji.

“Kami segera turun menelusuri laporan penipuan ini dan berkoordinasi dengan Kementerian Tenaga Kerja hingga ke Bareskrim Polri,” kata Amanullah, Kepala BP3TKI, Kamis (10/8).

Amanullah mengakui, setiap musim haji memang ada kebutuhan tenaga kerja musiman, salah satunya tenaga kerja catering untuk jemaah calon haji Indonesia. Biasa, sebut dia, itu dikelola beberapa perusahaan. Amnullah membenarkan adanya kebutuhan tenaga musiman itu, tetapi sebenarnya itu ada job resmi yang sudah diendorsmen oleh Perwakilan RI baik itu KBRI Riyadh ataupun KJRI Jeddah.

“Resmi rekrutmennya pun ada beberapa persyaratan,” ungkap Amanulah.

Disebutkan dia, persyaratan untuk bisa bekerja yakni berusia produktif antara 21 hingga maksimal 35 tahun. Kecuali, job koki bebas usianya karena ada skill atau kemampuannya memasak.

Kata Amnullah, koki dibantu banyak chef dan itu setiap tahun ada 300 hingga 600 orang yang selalu dikirim ke Arab Saudi untuk melayani catering jemaah haji Indonesia, dan itu sudah ada kerja sama Kemenag dengan perwakilan RI di Saudi.

“Tapi kalau seperti dialami puluhan warga itu di luar persyaratan. Itu jelas penipuan. Seperti ini, sering terjadi karena banyak lowongan pekerja musiman sehingga banyak memanfaatkan menjadi modus penipuan. Kalau tidak hati-hati, bisa masuk perangkap,” bebernya.

BPost
BPost (dok)

Selengkapnya baca harian Banjarmasin Post, Jumat (11/8//2017), atau klik http://epaper.banjarmasinpost.co.id

Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help