BanjarmasinPost/

Serambi Ummah

Dokter Meldy: Kanker Akibat Gaya Hidup Tidak Sehat

Dokter Spesialis Penyakit Dalam di RSUD Ulin Banjarmasin mengatakan, kanker merupakan pertumbuhan sel yang tidak terkendali dan justruk merusak tubuh.

Dokter Meldy: Kanker Akibat Gaya Hidup Tidak Sehat
Dr Meldy Muzada Elfa 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Dokter Spesialis Penyakit Dalam di RSUD Ulin Banjarmasin, Meldy Muzada Elfa mengatakan, kanker merupakan pertumbuhan sel yang tidak terkendali dan justru merusak tubuh.

Hal tersebut disebabkan karena adanya perubahan genetik pada sel tersebut.

Sebenarnya setiap saat ada saja kerusakan tingkat gen yang terjadi pada manusia, tapi mekanisme tubuh yang baik menyebabkan sel tersebut tidak berkembang menjadi kanker.

“Namun jika gaya hidup seseorang tidak sehat, maka sel-sel ini memiliki kemungkinan yang lebih besar berubah menjadi sel kanker,” kata Meldy.

Halaman G Serambi Ummah Edisi Jumat (11/8/2017)
Halaman G Serambi Ummah Edisi Jumat (11/8/2017) 

Penyebab timbulnya kanker, satu di antaranya bisa dari faktor makanan. Selain daging yang dipanggang hingga gosong, makanan yang bisa saja memicu kanker adalah kacang-kacangan yang sudah mulai basi.

“Bisa juga dari makanan dengan kadar pengawet atau pewarna yg tinggi, yang biasanya terdapat pada jajanan anak yang tidak memiliki standar keamanan makanan dari BPOM,” ujarnya.

Dia juga menjelaskan, kondisi seseorang yang memiliki risiko lebih tinggi mengidap kanker yaitu orang berusia di atas 60 tahun, memiliki orangtua atau saudara yang pernah mengidap kanker dan orang yang bekerja terpapar radiasi tinggi. (acm)

Berita ini telah diterbitkan di Serambi Ummah Edisi Jumat (11/8/2017)

Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help