Mom and Kids

Psikolog Rifqoh Ihdayati: Perubahan Perilaku Mesti Sesuai Usia

Hal yang perlu dicermati adalah apakah perubahan yang terjadi sesuai karakter dan apakah masih dalam batas kewajaran sesuai usia.

Psikolog Rifqoh Ihdayati: Perubahan Perilaku Mesti Sesuai Usia

BANJARMASINPOST.CO.ID - HAL penting yang perlu diingat adalah bahwa anak bukan miniatur orang dewasa. Lalu, hal lain yang juga perlu dipahami, proses belajar pertama yang dilakukan oleh seorang anak adalah meniru.

Terhadap perubahan perilaku anak dalam masa tumbuh kembang, maka hal yang perlu dicermati adalah apakah perubahan yang terjadi sesuai karakter dan apakah masih dalam batas kewajaran sesuai usia.

Misalnya, anak mendadak berperilaku centil. Dalam hal ini orangtua harus mencermati dan menyikainya secara bijak. Terutama untuk menakar perubahan perilaku tersebut masih dalam batas wajar atau sebaliknya.

Halaman 15 Harian Banjarmasin Post Edisi Cetak Minggu (13/8/2017)
Halaman 15 Harian Banjarmasin Post Edisi Cetak Minggu (13/8/2017) ()

Terhadap anak-anak yang centil, memang biasanya tampak menarik di mata orang dewasa. Tapi, jika mereka beranjak remaja kita cenderung mengkhawatirkan dampak dari centilnya itu.

Karenanya, kalau orangtua merasa kecentilan sang anak tidak sesuai usianya, maka kita harus segera mengubah perilakunya tersebut. Tapi, apabila centilnya masih dalam sebatas wajar, yang perlu diperhatikan oleh orangtua yakni jangan sampai centil itu ber lanjut ke usia remaja. (arl)

Baca Lengkap di Harian Banjarmasin Post Edisi Minggu (13/8/2017)

Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help