BanjarmasinPost/

Meriam Peninggalan Belanda

Tinggal Eksekusi Wali Kota Mau Diapakan?

Kepala Balai Arkeologi Kalimantan Selatan, Bambang Sakti mengatakan untuk penempatan meriam tersebut tergantung keputusan wali kota Banjarmasin.

Tinggal Eksekusi Wali Kota Mau Diapakan?
Halaman 1 Harian Banjarmasin Post Edisi Minggu (13/8/2017) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kepala Balai Arkeologi Kalimantan Selatan, Bambang Sakti mengatakan untuk penempatan meriam tersebut tergantung keputusan wali kota Banjarmasin. Dia menjelaskan sebelumnya orang nomor satu di Banjarmasin ini inginkan meriam diletakkan di balai kota.

Apabila hendak diletakkan di halaman, menurut Bambang, sebaiknya diberi pelindung seperti atap dan diberi landasan. Jangan sampai meriam bersentuhan langsung dengan tanah dan kehujanan.

Selain itu harus ada petugas yang ditugasi untuk merawat dan menjaganya. Itu karena pemeliharaannya tidak memerlukan tim ahli.

“Siapa saja bisa membersihkannya asal tidak mengurangi atau menghilangkan dan membuat terkelupas setiap bagiannya. Karat pada meriam itu juga tidak perlu dihilangkan apalagi sampai dicongkel. Apabila ingin membersihkan cukup disiram menggunakan air kemudian dilap dengan kain hingga kering,” terang Bambang.

Peneliti dari Balai Arkeologi Kalsel Bambang Sugianto menambahkan sebelumnya diusulkan meriam ditempatkan di Museum Lambung Mangkurat, yang memang punya kewenangan dan kemampuan untuk merawatnya.

“Tetapi jika Wali kota Banjarmasin ingin menempatkannya di suatu tempat di Kota Banjarmasin boleh saja, dengan syarat menyediakan tempat yang aman dan dana perawatan serta pemeliharaannya,” tuturnya.

Tentunya di dekat meriam tersebut diletakkan pula keterangan mengenai sejarahnya. “Balai Arkeologi sudah menyerahkan hasil penelitian meriam ke wali kota lengkap dengan rekomendasi pengelolaan meriam itu selanjutnya, Tinggal eksekusi dari walikota Banjarmasin saja,” kata dia. (ell/kur)

Baca Lengkap di Harian Banjarmasin Post Edisi Minggu (13/8/2017)

Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help