Kepala SD di Kalsel Banyak Gaptek

News Analysis, Ersis Warmansyah Abbas: Memang Harus Trampil

DALAM konsep dan prinsip pendidikan, kepala sekolah merupakan tugas tambahan bagi seorang guru. Ingat, sekali lagi, tugas tambahan.

News Analysis, Ersis Warmansyah Abbas: Memang Harus Trampil

BANJARAMSINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - DALAM konsep dan prinsip pendidikan, kepala sekolah merupakan tugas tambahan bagi seorang guru. Ingat, sekali lagi, tugas tambahan.

Artinya,seorang guru yang secara profesional seorang pendidik diberikan tugas tambahan sebagai kepala sekolah. Untuk itulah, dari sekian banyak guru, guru yang potensial sebagai pemimpin (kepala sekolah) dididik secara khusus sebagai calon kepala sekolah.

Persiapan sesorang menjadi kepala sekolah tidak mudah. Seseorang yang diakui secara professional sebagai pendidik haruslah melalui serangkaian tes dan kemudian melalui pendidikan calon kepala sekolah (Cakep). Setelah lulus Cakep tidak pula serta merta menjadi kepala sekolah. Kenapa?

Kepala Dinas Pendidikan mempunyai kriteria ”tertentu” apabila seseorang dipercaya sebagai kepala sekolah.

Disamping kemampuannya sebagai guru apakah dia mampu sebagai manager guna mengelola sumber daya, menyusun program, menggerakkan guru sampai mengoptimalkan sarana dan prasarana pendidikan.

Seorang kepala sekola adalah seorang administrator yang berkemampuan mengelola administrasi segala hal yang menyangkut sekolah. Disamping itu, kepala sekolah adalah mereka yang berkemampuan sebagai supervisor guna kemajuan sekolah.

Tidak cukup disitu saja. Kepala sekolah haruslah seorang pemimpin (leader) yang berperan sebagai innovator dan motivator agar mampu menggerakkan seluruh komponen sekolah.

Bahkan, kepala sekola diharapkan sebagai entrepreneur yang mampu mencari dan memanfaatkan peluang demi kemajuan sekolah.

Dengan demikian jelas seorang kepala sekolah adalah mereka yang “terpilih” dan telah melalui pendidikan khusus dengan kemampuan dan keterampilan memadai.

Halaman
12
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved