BanjarmasinPost/
Home »

Video

Berita Banjarmasin

NEWSVIDEO: Antusiasme Siswa SMPN 14 Menyambut Kirab Merah Putih Paman Birin

Salam itu pun disambut gubernur yang biasa disapa Paman Birin dengan salam merdeka. Seorang siswa, Dewi sangat antusias melihat rombongan kirab.

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Sekitar 438 siswa di SMPN 14 Banjarbaru di Trikora menyambut kirab merah putih Paman Birin peringatah HUT Proklamasi Kemerdekaan RI17 Agustus 195 yang tour rombongan ke Martapura, Banjarbaru dan kembali Ke Banjarmasin.

Sebelum rombongan ribuan kendaraan itu melintas, ratusan siswa tersebut berjajar berdiri di samping kanan kiri jalan dan melambaikan serta mengungkapkan merdeka kepada Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, Rabu(16/8/2017).

Salam itu pun disambut gubernur yang biasa disapa Paman Birin dengan salam merdeka. Seorang siswa, Dewi sangat antusias melihat rombongan kirab Paman Birin tersebut. "Senang, saya dan teman teman jadi merasa ramai, senang bisa melihat orang ramai konvoi," kata dia.

Dia memaknai bahwa kemerdekaan itu adalah hal yang bebas. "Ya merdeka itu menurut saya bebas," urai Dewi yang kemeudian melambaikan tangan ke rombongan kirab dan mengucapkan merdeka merdeka merdeka.

Menurut Kepala SMPN 14 Banjarbaru, Undi Sukarya, menyebutkan dirinya sengaja menurunkan sekitar 438 siswa di sekolahnya untuk berdiri di pinggir jalan raya dan menyapa pawai kirap bendera merah putih. "Ini sebagai bentuk penghormatan dan sebagai wahana edukasi juga kepada siswa. Bentuk penghormatan karena pejabat, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor juga ikut dalam pawai kirab ini, dan edukasinya mempunyai makna mengajarkan anak anak untuk lebih cinta kepada merah putih, dan memahami nilai kebangsaan," kata dia.

Selain mengenalkan semangat nasionalisme ke siswa, pihak sekolah juga bisa mengenalkan ke siswa alat tempur TNI. "Kan juga kebetulan di depan ada Anoa, nah itu juga kami kenalkan sehingga siswa siswi di sekolah kami juga mengetahuinya. Dengan adanya ini harapanya semangat nasionalisme siswa semakin bertambah besar," kata dia

Kirab motor merah putih, diikuti lebih 3.500 peserta dari unsur Pemprov, Polda dan Korem 101 Antasari, serta perkumpulan otomotif yang ada di Kalsel.

Kirab sendiri dipimpin langsung oleh Gubernur Kalsel, Sahbirin noor dan Danrem 101 Antasari, Kolonel Armed Syafei Kasno.

Rute yang ditempuh pada kirab motor merah putih kali ini terbilang cukup jauh. Mengambil start dari halaman korem 101 Antasari, lalu kirab bergerak ke Jalan Soedirman dan Jalan Achmad Yani hingga sampai Banjarbaru. Selanjutnya, masuk jalan Trikora, Liang Anggang kembali ke Jalan

Achmad Yani dan Jalan Pangeran Antasari hingga finish di Mahligai Pancasila, Banjarmasin. Dalam acara kirap ini melibatkan dua panser anoa pada kirab, serta diikuti ribuan sepeda motor yang tergabung dalam puluhan perkumpulan otomotif. (Banjarmasin Post/Nurholis Huda)

Penulis: Nurholis Huda
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help