Berita Martapura

Malam Ini Haul Abah Anang Djazouly Digelar, Begini Persiapannya

Sejumlah tenda dipasang di jalan-jalan depan makam. Ini dilakukan untuk menampung jemaah haul yang diperkirakan mencapai ribuan orang.

Malam Ini Haul Abah Anang Djazouly Digelar, Begini Persiapannya
Banjarmasinpost.co.id/Sofyar Redhani
Persiapan haul di makam KH M Djazouly Seman atau Abah Anang. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Kesibukan terjadi di sekitar makam KH M Djazouly Seman atau biasa dikenal Abah Anang di Kompleks Pangeran Antasari, Jumat (18/8/2017) sore.

Puluhan orang yang merupakan warga kompleks setempat membersihkan dan menyiapkan kubah atau makam dan sekitarnya guna pelaksanaan haul yang digelar pukul 20.00 Wita.

Sejumlah tenda dipasang di jalan-jalan depan makam. Ini dilakukan untuk menampung jemaah haul yang diperkirakan mencapai ribuan orang.

"Semua pesiapan sudah kami lakukan guna kelancaran haul Abah Anang," ujar Ketua Panitia Haul, H Supian kepada BPost Online.

KH M Djazouly Seman merupakan salah satu ulama kharismatik dari Martapura, Kabupaten Banjar.

Dia lahir di Martapura pada 8 Desember 1936 dan diberi nama asli Muhammad Fadhil Seman bin KH M Seman.

Bila dirunut dari silsilah, beliau termasuk zuriyah atau keturunan Datu Kelampayan atau Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari.

Semasa hidup, Abah Anang dikenal sebagai sosok yang ramah. Sebagai seorang ulama, setiap harinya banyak tamu yang datang dari pagi hingga malam.
Namun beliau selalu secara senang hati menerima semua tamunya dan tidak memandang dari golongan mana.

Abah Anang juga menjadi tempat bagi banyak pejabat dan pemangku kebijakan di daerah ini untuk bertukar pikiran.

Ulama besar yang dikenal ramah dan rendah hati itu meninggal pada 14 Oktober 2011 dan dimakamkan di dekat kediamannya di Kompleks Pangeran Antasari, Kelurahan Jawa, Martapura.

Ratusan ribu masyarakat Kabupaten Banjar pada khususnya memadati lokasi dan mengikuti prosesi pemakaman ulama kharismatik itu.

Penulis: Sofyar Redhani
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help