HUT Kemerdekaan

NEWSVIDEO : Pelaksanaan Upacara di Area Tambang Aktif, Semua Pekerjaan Disetop

Pada sekitar pukul 07.30 wita, sudah sampai sekitar 450 karyawan berkumpul dan membentuk sebuah barisan.

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Suasana di tengah tambang batubara milik PT Tunas Inti Abadi (TIA) yang berada di Kecamatan Sungai Loban Tanahbumbu tiba-tiba tak ada aktivitas apapun, Kamis (17/8/2017) pagi.

Tak ada satu alat pun yang bekerja di area tambang batu bara aktif tersebut yang biasanya bekerja selama satu kali 24 jam. Namun sejak pukul 06.00 Wita hingga pukul 08.00 wita, semua jenis pekerjaan terhenti.

Di satu titik, berdirilah sebuah tiang bendera, karyawan mulai berkumpul ke satu titik itu, mulai dari karyawan PT TIA sendiri, hingga semua subkonnya yang bekerja di PT TIA.

Pada sekitar pukul 07.30 wita, sudah sampai sekitar 450 karyawan berkumpul dan membentuk sebuah barisan.

Pasalnya, kali ini mereka melaksanakan upacara peringatan HUT ke-72 Kemerdekaan RI langsung di area pertambangan aktif.

Tak disangka, kali ini ada upacara HUT RI yang dilaksanakan di area pertambangan. Kebanyakan, semua melaksanakan hanya di daerah kantornya saja.

Upacara yang dikelilingi batubara di area tambang bersama alat berat di antaranya HD dan hexavator pun berjalan khidmat.

Mereka pun melaksanakan pengibaran bendera di tengah area pertambangan aktif tersebut.

Dimana saat itu yang menjadi Inspektur Upacara dipimpin langsung Kepala Teknik Tambang PT TIA, Hari Sutikno.

Sementara pengibaran bendera oleh security. Mengheningkan cipta pun begitu terasa dengan suasana hening dan tanpa suara alat berat dan angkutan yang biasanya bising.

Setelah mereka melaksanakan apel, mereka pun kembali bekerja di divisinya masing-masing. Saat itu, bendera merah putih juga terus berkibar ditengah kesibukan mereka bekerja di area tambang batubara itu.

Menurut Kepala Teknik Tambang PT TIA, Hari Sutikno, pelaksanaan upacara kemerdekaan itu dilaksanakan di tambang aktif agar kondisi keadaan sebagai pekerja tambang begitu terasa. Karena tujuan atau konsepnya lebih pada mengenal bahwa mereka ini adalah komunitas tambang.

"Meski kami bekerja dihutan tapi ini lah kinerja kami yang punya kontribusi sendiri bagi negara kita. Semakin giat menambang akan membantu Negara juga karena hasilnya juga untuk negara kita sendiri," katanya.

Menurutnya, Ini pertama kali disini di tambang karena sebelumnya hanya melaksanakannya di halaman kantor. Namun sebagai pekerja, cara untuk memeriahkan hari kemerdekaan kali ini adalah dengan upacara langsung dilokasi tambang yang biasanya bekerja satu kali 24 jam.

"Kami biasanya bekerja selama satu kali 24 jam dengan shift-shift an. Namun kali ini kami hentikan sementara untuk melaksanakan upacara HUT RI ke 72 dan tidak ada satu alat pun yang bekerja," katanya.

Penulis: Man Hidayat
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved