Berita Banjarmasin

CDC Poliban Gelar Pembekalan Etika Profesi

Sebanyak 820 mahasiswa Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) tampak fokus mendengarkan pemaparan dari pemateri yang berada di depan panggung

CDC Poliban Gelar Pembekalan Etika Profesi
banjarmasinpost.co.id/khairil rahim
CDC Poliban Gelar Pembekalan Etika Profesi 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Sebanyak 820 mahasiswa Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) tampak fokus mendengarkan pemaparan dari pemateri yang berada di depan panggung dalam acara Pembekalan Etika Profesi yang dilaksanakan di Gedung Serba Guna Poliban Banjarmasin, selasa (22/8) pagi.

Kegiatan yang digelar Career Development Center (CDC) Poliban merupakan untuk mempersiapkan calon lulusan mahasiswanya untuk memasuki dunia kerja.

"Mereka yang ikut sebentar lagikan wisuda dan akan mulai memasuki dunia kerja," kata Nurhidayati, wakil direktur III bidang Kemahasiswa Poliban didampingi, Ketua CDC Dessy Lestari Saptarini.
Nurhidayati menambahkan pembekalan ini dilakukan agar para alumni Poliban nantinya bisa siap tidak hanya dari akademiknya tapi juga soft skill seperti etika sikap dalam dunia kerja.

Hadir beberapa mitra kerja Poliban sebagai pembicara dalam kegiatan itu seperti perwakilan Pertamina, Bank Mandiri dan PT Adaro logistik yang secara bergantian menyampaikan materi soal tema terkait.

Nurhidayati menambahkan dalam pengembang profesionalisme kerja dapat dicapai dengan mengembangkan strength of knowledge, yaitu pengembangan profesionalisme melalui proses belajar secara berkesinambungan.

Etika atau etik merupakan sesuatu yang sangat penting didalam kehidupan, baik kehidupan sosial maupun dalam bekerja.

Etika profesi merupakan hal yang sangat penting dan harus dimiliki oleh seorang pekerja. Sebuah profesi akan dapat dipercaya dunia industri ketika kesadaran diri seorang lulusan yang kuat menjunjung tinggi nilai etika profesinya di dunia industri maupun di sekitarnya. Jadi dapat di katakan etika profesi yaitu batasan-batasan untuk mengatur atau membimbing prilaku sesorang sebagai manusia secara normatif.

Pembekalan ini merupakan yang kedua kalinya sebelumnya pada Juli lalu juga digelar pembekalan materi dalam tentang trik dalam hal pembuatan CV (curriculum vitae) agar CV diterima lebih baik dalam dunia kerja.

"Tahap ketiga atau puncaknya setelah satu minggu pelaksanaan wisuda poliban pada September nanti kami akan menggelar job fair," tambah dia.

Rencananya para alumni Poliban juga bakal mendapat Karta CDC. Dimana kartu ini sangat bermanfaat anggota bisa mengakses informasi, lowongan kerja, pelatihan, diskon soal dunia kerja.

"Bahkan pemilik kartu ini akan diprioritaskan untuk bisa dibantu rengkrutmennya dengan mitra dunia industri seperti dari perbankan, industri batu bara, pertamina, otomotif dan lainnya," kata Nurhidayati.

Salah satu mahasiswa Poliban, M Rifki Maulana mengaku antusias ikut kegiatan ini karena memang akan berguna untuk menghadapi dunia kerja yang sebentar lagi akan mereka lalui.

"Soal akademik kan sudah nah ini soal soft skillnya lagi sehingga kita makin siap menghadapi dunia kerja," kata mahasiswa semester 6 jurusan administrasi bisnis ini.

Penulis: Khairil Rahim
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help