Berita Banjarmasin

Puluhan Tukang Jagal Dilatih Menaklukkan Hewan Kurban

Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarmasin menggelar pelatihan pemotongan hewan kurban kepada para pemotong hewan di Kota Banjar

Puluhan Tukang Jagal Dilatih Menaklukkan Hewan Kurban
BANJARMASINPOST.co.id/rahmadhani
Para tukang jagal dilatih menjelang hari raya kurban. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarmasin menggelar pelatihan pemotongan hewan kurban kepada para pemotong hewan di Kota Banjarmasin, Rabu (23/8/2017).

Dalam pelatihan yang digelar di Rumah Potong Hewan (RPH) Basirih ini juga diselipi pembinaan dan pelatihan oleh Binmas Polda Kalsel dan MUI Kota Banjarmasin.

Dokter Hewan Annang Dwijatmiko, Medika Veteriner Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarmasin menjelaskan, ada 25 'tukang jagal' yang merupakan perwakilan dari lima kecamatan di Kota Banjarmasin.

Selain itu, juga dilakukan pengecekan kesehatan terhadap hewan kurban di RPH Basirih.

"Kita beri pelatihan cara menjatuhkan hewan kurban supaya tidak memar. Insya Allah kalau tidak memar, kualitas daging akan lebih terjaga," kata dia.

Selain di RPH, pihaknya juga menaruh petugas di tiap kecamatan, sehingga warga yang ingin hewan kurbannya diperiksa bisa lebih mudah.

"Silahkan datang ke kecamatan kalau misalnya ada yang mau diperiksa hewan kurbannya layak potong atau tidak," kata dia.

Sementara itu diprediksi ada sekitar 3.000 hewan kurban di Kota Banjarmasin untuk ibadah kurban 2017. (BANJARMASINPOST.CO.id/rahmadhani)

Penulis: Rahmadhani
Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help