NEWSVIDEO: Waduk Riam Kanan Kaya Warisan Situs Prasejarah Tertua, Lumbung Situs Prasejarah

Peneliti Prasejarah Balai Arkeologi Kalsel Bambang Sugiyanto, menerangkan kawasan yang kini jadi waduk riam kanan merupakan situs prasejarah tertua

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Waduk Riam Kanan sudah tak asing lagi. Di tempat ini ada Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Ir Pangeran Mochamad Noor.

Bahkan, baru-baru ini peneliti prasejarah Balai Arkeologi Kalsel menemukan sejumlah bukti peninggalan jan prasejarah. Waduk Riam kanan pun disebut Lumbung situs prasejarah.

Peneliti Prasejarah Balai Arkeologi Kalsel Bambang Sugiyanto, Rabu (23/8/2017) ketika ditemui BPost menerangkan jika kawasan yang kini jadi waduk riam kanan merupakan situs prasejarah tertua di Kalsel, sekitar jaman paleolitik.

"Situs prasejarah ada di dasar waduk. Catatan sudah masuk sejarah nasional. Ada temuan Undak sungai tepi selatan sungai riam kanan, di awangbangkal, tahun 1938 oleh H Kipper, hingga akhirnya kawasan ditenggelamkan jadi waduk," kata Bambang.

Alat-alat batu paleolitik yang ada di Pulau Sirang mempunyai peran penting karena berada pada permukaan tanah yang relati datar dan dalam jumlah yang sangat melimpah.

Kondisi ini menyiratkan bahwa situs Pulau Sirang pada masa lalu adalah sebagai situs pembuatan alat batu (situs perbengkelan), paleolitik yang sudah lama dicari oleh kalangan arkeolog baik di dalam maupun luar negeri.

Dalam dua dekade belakangan ini, Kalimantan memang manjadi “incaran” kalangan arkeolog karena potensi sumber daya arkeologi yang ada di dalamnya.

"Dijadikannya waduk secara tak langsung jadi pelindung alami situs agar lestari. Hanya saja sulitnya untuk penelitian mendalam ya harus menyelam hingga kedalaman puluhan meter. Karena temuan yang ada diatas bukit yang tenggelam oleh air waduk," ujar Bambang.

Jadi bukti ada budaya dan teknologi yang lebih tua yang ternyata juga ada “jejak”nya di bumi Kalimantan, terutama Kalimantan Selatan, yaitu pada situs-situs yang ada di bawah air waduk Riam Kanan, Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar.

"Untuk penelitian lebih mendalam perlu biaya mahal karena sudah jadi waduk. Waduk riam kanan kaya warisan situs prasejarah. Ada kemungkinan asal manusia di Kalsel ya di Waduk Riam kanan itu," kata dia. (*)

Penulis: Nia Kurniawan
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help