BanjarmasinPost/

Berita Banjarmasin

Rikval Raih Anugerah Agro Inovasi dari Menteri Pertanian

Kementerian Pertanian melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) menganugerahkan Agro Inovasi 2017 kepada Rikval Fachruri.

Rikval Raih Anugerah Agro Inovasi dari Menteri Pertanian
Istimewa
Rikval Fachruri mendapat penghargaan Agro Inovasi 2017 dari Kementerian Pertanian melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Kementerian Pertanian melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) menganugerahkan Agro Inovasi 2017 kepada Rikval Fachruri. 

Penghargaan tersebut diberikan kepada masyarakat petani yang berkontribusi dengan berbagai inovasi untuk mengembangkan dan memajukan pertanian di Indonesia.

Rikval Fachruri sendiri tercacat sebagai Koordinator Wilayah Gerakan Pemuda Tani Indonesia Kalimantan Selatan (Korwil GEMPITA Kalsel), gagasannya untuk memanfaatkan dan mengoptilmakan lahan tidur Kalsel dengan budidaya jagung.

Melalui gerakan cepat dan kongkrit mampu mengumpulkan  lahan tidur sebasar 30.000 Ha potensi untuk dikelola.

Rikval Fachruri mengatakan, Penganugrahan ini hakikatnya adalah penghargaan kepada seluruh insan pertanian Kalsel, kawan-kawan pemuda  pemerhati pertanian, dan generasi muda desa yang masih eksis dan bangga menjadi petani, sebab salah satu misinya adalah meregenerasi petani. 

“Saya berterimakasih kepada Bapak Gubernur Kalsel, Danrem 101 Antasari,  Kadis TPH kalsel, Kepala Daerah se-kalsel, dan seluruh stakeholder, yang memberikan perhatian khusus dan ruang berkreasi kepada pemuda untuk  bergerak membangun daerah. Salah satu konsen kami memang bergerak konkret memajukan pertanian, dengan massif pendampingan di desa-desa," katanya, Kamis (24/8).

Rikval juga mengatakan, penganugrahan yang didapat ini adalah bentuk capaian sekaligus tantangan bagi insan muda banua, khususnya tantangan bagi kawan-kawan yang berkecimpung di dunia usaha dan pengembangan pertanian, pada hakikatnya bukan mengejar pengakuan dan penganugerahan tapi bergerak untuk kemajuan daerah, kesejahteraan masyarakat merupakan goal setting yang paling utama.

Terpisah, Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor bangga atas penghargaan yang diterima Rikval. Menurutnya, anak muda yang satu ini mampu menerjemahkan jargon bergerak.

Adapun penyerahan anugerah tersebut  di Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian, serpong, Kamis (23/8). (*)

Penulis: Hasby
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help