Ekonomi dan Bisnis

Tidak Gampang Bikin Jamu, Sedikitnya 25 Jenis Bahan! Tak Percaya? Ini Faktanya

Disebutkan Ali Alguhum, pengawas Produksi Jamu Pucuk Sirih, ramuan yang digunakan pulo santan, tangkai cengkeh, jahe, temu lawak

Tidak Gampang Bikin Jamu, Sedikitnya 25 Jenis Bahan! Tak Percaya? Ini Faktanya
net
Bahan-bahan membuat jamu tradisional

BANJARMASINPOST.CO.ID - PROSES pembuatan jamu Pucuk Sirih melalui beberapa proses cukup panjang, dan sedikitnya menggunakan 25 jenis ramuan.

Disebutkan Ali Alguhum, pengawas Produksi Jamu Pucuk Sirih, ramuan yang digunakan pulo santan, tangkai cengkeh, jahe, temu lawak, daun sirih, kayu rapat, kedaung, cabe kulit sintuk, kulit jeruk, kulit pala, janar putih, pala.

“Bahan-bahan itu kemudian digoreng, direndam satu malam baru ditampung dulu untuk diolah dan dikemas,” katanya.

Ramua-ramuan itu disimpan di dalam open. Karyawan yang mengerjakan sudah mengetahui takaran-takarannya. Jamu dan kapsul Pucuk Sirih yang diolah, memiliki masa kadaluarsanya sekitar tiga tahun.

Setiap karyawan mendapatkan gaji secara borongan. Rata-rata per orang bisa memperoleh penghasilan Rp 250 ribu sampai Rp 300 ribu per minggu. “Untuk karyawan kami upayakan warga sekitar dulu,” tambah Ali.

Kini tantangannya adalah bisa memproduksi jamu Pucuk Sirih dalam bentuk sachet, seperti Extra Joss dan sejenisnya. Tetapi kendala perusahaan jamu yang berdomisili di Jl Sultan Adam itu saat ini yakni masalah permodalan. (has)

BPost
BPost ()

Selengkapnya baca harian Banjarmasin Post, Senin (28//8//2017), atau klik http://epaper.banjarmasinpost.co.id

Penulis: Didik Trio
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved