Berita HSS

Gratis Rehabilitasi Korban Narkoba

Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Hulu Sungai Selatan (HSS) menyediakan tempat pelayanan rehabilitasi gratis kepada korban Narkotika

Gratis Rehabilitasi Korban Narkoba
Shutterstock
Ilustrasi pecandu narkoba. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Hulu Sungai Selatan (HSS) menyediakan tempat pelayanan rehabilitasi gratis kepada korban Narkotika dan obat-obat terlarang lainnya.

BNNK HSS bahkan menyiapkan empat lokasi yang bisa menjadi lokasi pelayanan rehabilitasi untuk wilayah HSS.

Kepala BNNK HSS Maserup mengatakan empat tempat rehabilitasi korban narkotika dan obat terlarang yakni di Rumah Sakit (RS) Hassan Basry, RS Daha Sejahtera, Puskesmas Angkinang dan Puskesmas Padang Batung.

Dari empat lokasi itu, sudah ada dua petugas tenaga asesmen dan tenaga kesehatan untuk melakukan rehab korban narkotika.

Untuk pelayanan rehap di RS Hassan Basry dan RS Daha Sejahtera, korban bisa berobat jalan. Namun, bila hasil pemeriksaan petugas asesmen termasuk kecanduan berat, maka korban akan dirawat inap.

Untuk Puskesman Angkinang dan Puskesmas Padang Batung sifatnya hanya pelayanan rawat jalan. Bila pemeriksaan dari asesmen tergolong berat, maka korban kecanduan narkotika akan dirujuk ke RS Kabupaten dan RS Provinsi.

"Pelayanan rehabilitasi bagi korban narkoba tidak dikenakan biaya, semua akan ditanggung oleh BNNK," katanya, Kamis, (31/8).

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat, bila ada keluarga atau tetangganya yang menjadi korban narkotika, agar segera direhabilitasi agar bisa pulih dari ketergantungan.

Berdasarkan data BNNK HSS per Januari-Agustus 2017, ada 55 orang yang telah direhabilitasi. Usia 0-15 ada 12 orang, usia 16-19 ada 17 orang, usia 20-24 ada 14 orang, dan usia 25-40 ada 12 orang.

Mereka yang menjalani rehab, secara bertahap sudah menunjukkan perubahan kearah yang lebih baik.

Penulis: Aprianto
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help