Ini Tips Ini Agar Kari Kambing Lebih Nendang dan Sedap

Jalan paling mudah membuat daging kambing tidak berbau prengus adalah mengolahnya dengan banyak rempah. Aroma rempah bisa menutupi aroma kurang sedap

Ini Tips Ini Agar Kari Kambing Lebih Nendang dan Sedap
sajiansedap.com
Kari Kambing 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Jalan paling mudah membuat daging kambing tidak berbau prengus adalah mengolahnya dengan banyak rempah. Aroma rempah bisa menutupi aroma kurang sedap pada daging kambing. Itu sebabnya, resep kari kambing yang berempah banyak dicari menjelang Iduladha seperti sekarang ini.

Nah, supaya rasa kari kambing buatan kita lebih nendang rasanya, ada beberapa modifikasi yang bisa kita lakukan. Jadi, cukup kombinasikan resep kari andalan keluarga dengan tips di bawah ini. Rasanya pasti jadi jauh lebih nendang dan sedap.

1. Jangan lupakan daun kari

Aroma kari yang kuat bisa kita dapatkan dari pengunaan daun kari. Namun sayang, daun kari atau salam koja masih jarang dijual di pasaran. Jadi pastikan untuk mencari pohon daun kari di sekitar rumah, ya.

Daun kari punya rasa yang cukup kuat, jadi penggunaan 7 lembar saja untuk setengah kilogram daging kambing. Masukkan di awal proses memasak bersama dengan bumbu halus, ya.

2. Tambahkan bubuk kari

Resep kari biasanya menggunakan bumbu halus yang dibuat sendiri dari aneka empon-emponan. Tapi, kita juga boleh, lo, menambahkan sedikit kari bubuk siap pakai ke dalamnya. Kari bubuk ini akan menambahkan aroma, rasa dan juga warna ke dalam kari buatan kita.

3. Gunakan santan yang tepat

Untuk membuat kari, kita harus menggunakan santan encer dan santan kental. Awalnya, kambing dimasak dengan bumbu bersama juga santan encer. Jadi, tidak perlu menambahkan air, ya, karena sudah digantikan dengan santan encer. Setelah digodok dan daging matang serta empuk, baru tambahkan santan kental ke dalamnya.

Cara ini dilakukan supaya santan tidak mudah pecah. Karena, santan kental lebih rawan pecah kalau dimasak dalam panas tinggi.

4. Jika menggunakan panci presto

Supaya lebih cepat empuk, kita bisa menggunakan panci presto. Kalau begini, tidak perlu lagi menggunakan santan encer. Cukup santan kental saja.

Jadi, masak daging kambing bersama air, bumbu dan rempah dalam panci presto. Begitu empuk, keluarkan lalu baru tambahkan santan kental. Ingat, daging tidak boleh dipresto bersama santan karena akan membuat santan jadi pecah.

Tapi harus diketahui, kari kambing pasti jauh lebih enak kalau digodok manual dibanding menggunakan panci presto. Bumbu dan rempahnya pasti lebih meresap dan dagingnya terasa lebih lembut di lidah. Selamat mencoba!

Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved