Berita Banjarbaru

Jelang Idul Adha, Pengemis 13 Tunanetra di Banjarbaru Ditertibkan Satpol PP, Ini Tujuannya

Dua hari giat penertiban tunanetra di jalanan didapat, 13 tunanetra yang masih berkeliaran di jalan untuk ngamen maupun meminta-minta.

Jelang Idul Adha, Pengemis 13 Tunanetra di Banjarbaru Ditertibkan Satpol PP, Ini Tujuannya
banjarmasinpost.co.id/milna sari
Satpol PP tertibkan pengemis tunanetra di Banjarbaru 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Dua hari giat penertiban tunanetra di jalanan didapat, 13 tunanetra yang masih berkeliaran di jalan untuk ngamen maupun meminta-minta jelang Idul Adha. Giat sendiri diadakan sejak Rabu (30/8/2014) hingga hari ini, Kamis (31/8/2014).

Diungkapkan Plt Kasatpol PP Kota Banjarbaru, Marhain Rahman dari 13 tunanetra di jalanan yang ditertibkan tiga diantaranya adalah tunanetra yang sudah ditertibkan di hari pertama namun tetap ngeyel ngamen di tepi jalan.

"Banjarbaru sudah seperti tempat wisatanya orang-orang tunanetra karena ramai sekali tunanetra dari luar kota dan Kabupaten datang ke sini untuk minta-minta dan ngamen di SPBU maupun depan kantor PLN," jelasnya.

Kasian memang tambah Marhain, namun melihat kondisi para tunanetra yang berkumpul dan berjejer di jalanan membuat wajah kota menjadi buruk citranya. "Serba salah juga karena ditertibkan mereka alasannya untuk kebutuhan, tidak ditertibkan merusak wajah kota, ya kita menunggu perintah dan mendampingi saja," jelasnya.

Dalam penertiban kali ini jelasnya Satpol-PP Kota Banjarbaru mendampingi Dinas Sosial Kota Banjarbaru untuk menertibkan dan mendata tunanetra yang masih berkeliaran di jalanan. Pendataan tersebut atas permintaan Panti Tunanetra Fajar Harapan Dinas Sosial Provinsi Kalsel untuk mencari solusi terhadap nasib tunanetra di Kalsel.

"Paling banyak yang kita dapati memang dari Banjarbaru, karena mereka datang dari luar Banjarbaru dan menyewa di Banjarbaru," jelasnya. (*)

Penulis: Milna Sari
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help