Berita Kabupaten Banjar

Pemekaran Gambut Raya Sudah Tercatat di Wikipedia dan Google Maps, Ini Kecamatan yang Masuk

Warga Sungai Pering Martapura itu pun menemukan informasi serupa untuk tiga kecamatan lainnya yakni Kertak Hanyar, Sungai Tabuk dan Beruntung Baru.

Pemekaran Gambut Raya Sudah Tercatat di Wikipedia dan Google Maps, Ini Kecamatan yang Masuk
Halaman 1 Harian Banjarmasin Post Edisi Cetak Kamis (31/8/2017) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Hafiz (17) terheran-heran saat membuka halaman depan laman Kecamatan Aluh-Aluh Kabupaten Banjar. Wajar dia heran karena di halaman depan di situs wikipedia.org, tertulis Aluh-Aluh adalah kecamatan di Kabupaten Gambut Raya.

Warga Sungai Pering Martapura itu pun menemukan informasi serupa untuk tiga kecamatan lainnya yakni Kertak Hanyar, Sungai Tabuk dan Beruntung Baru.

“Heran, karena setahuku Kabupaten Gambut Raya baru sebatas wacana. Kok bisa empat kecamatan masuk Kabupaten Gambut Raya,” ujar mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarbaru ini.

Cuma saat diklik isi dari laman tersebut isinya menyebut Kecamatan Aluh-Aluh masuk Kabupaten Banjar. “Jadi, yang benar mana,” ucapnya.

Wikipedia adalah sebuah situs bersama untuk mewujudkan ensiklopedia terlengkap dalam semua bahasa di dunia, termasuk bahasa Indonesia. Komunitas daring dari orang-orang yang tertarik dalam membangun ensiklopedia berkualitas tinggi dalam semangat saling menghormati. Semua orang bisa menambah atau mengurangi artikel, informasi di situs tersebut dengan terlebih dahulu login. Meskipun demikian, situs ini sering dijadikan rujukan mencari data oleh warganet.

Ternyata, tidak hanya di situs wikipedia, di Google maps (maps.google.com) empat kecamatan tersebut juga ditulis masuk wilayah Kabupaten Gambut Raya. Bahkan, terlihat jelas peta kabupaten yang masih dalam tahap wacana tersebut.

Wacana pemekaran kabupaten Banjar muncul sejak 1999. Namun, hingga 2016, wacana ini timbul tenggelam. Sampai jelang akhir 2016, wacana berdirinya Kabupaten Gambut Raya sempat muncul lagi. Namun, dengan tegas Bupati Banjar KH Khalilurrahman menolak. Wacana ini pun mentok sampai di Kemendagri. Namun, para penggagas berdirinya Gambut Raya tetap melakukan sosialisasi di desa-desa pada enam kecamatan yang akan menjadi wilayah pemekaran.

Harun Ar Rasyid, Camat Kertak Hanyar, dikonfirmasi, Selasa (29/8), terkait informasi Gambut Raya di situs Wikipedia dan Google Maps tampak tersentak kaget. Dia menduga itu upaya untuk menggiring opini publik seolah-seolah Kertak Hanyar telah masuk Kabupaten Gambut Raya. “Tapi ini tentu tidak benar juga karena Kertak Hanyar masih wilayah Kabupaten Banjar,” katanya.

Dua camat lainnya, Ahmad Fauzi (Sungai Tabuk) dan Agus Muslim (Beruntung Baru) juga tidak mengetahui informasi di dalam situs tersebut. Keduanya menyerahkan kebijakan selanjutnya tentang adanya informasi tersebut kepada pimpinan.

Halaman
12
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved