Berita Banjarmasin

Listrik di Kalsel Masih Padam, Pemadaman Ternyata di Hari Pelanggan Nasional, Ini Kata PLN

Pemadaman bergilir masih dilakukan PLN wilayah Kalselteng. Pantauan BPost Online, meski tengah malam kemarin listrik sempat menyala

Listrik di Kalsel Masih Padam, Pemadaman Ternyata di Hari Pelanggan Nasional, Ini Kata PLN
instagram
pemadaman terjadi ketika hari pelanggan nasional 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Pemadaman bergilir masih dilakukan PLN wilayah Kalselteng. Pantauan BPost Online, meski tengah malam kemarin listrik sempat menyala, namun pemadaman kembali dilakukan pada pagi hari, sejak pukul 09.00 di wilayah kompleks Angsana Raya, Cemara Ujung.

Di kawasan Handil Bakti, Kabupaten Batola, listrik menyala pada pukul 02.00 dini hari, kembali mati pada pukul 04.00 wita.

Dilansir fanpage PLN Kalselteng, pemulihan sistem kelistrikan akibat gangguan transmisi 150 kV yang terjadi pada pukul 14.31 Wita (31/8), pada pukul 20.30 Wita (31/8) semua Gardu Induk kami sudah pulih dan dalam kondisi sudah bertegangan. Proses selanjutnya adalah secara bertahap memasukkan suplai daya listrik dari beberapa mesin pembangkit kami. Termasuk PLTU Asam-Asam yang rencananya masuk sistem pada pukul 22.00 Wita (31/8).

Namun sekitar pukul 20.54 Wita mendadak sistem kelistrikan kami mengalami down. Tegangan di semua Gardu Induk hilang. Indikasinya adalah terjadi gangguan transmisi 150 kV di zona lokasi yang hampir sama dengan gangguan yang terjadi pada pukul 14.31 Wita. Akibatnya suplai listrik dari pembangkit kembali lepas dari sistem. Padahal PLTU Asam-Asam sudah masuk tahap akhir start dan siap sinkron ke sistem sesuai rencana awal yakni pukul 22.00 Wita (31/8).

Akibat kejadian tersebut, kami harus kembali mengulang tahapan proses membangun sistem kelistrikan secara bertahap. Kami juga harus melakukan pengecekan peralatan pembangkit dan Gardu Induk agar tetap sesuai parameter keamanan.

Sistem kembali dibangun per zona wilayah. Masing-masing Gardu Induk kembali dilakukan inspeksi dan secara bertahap mengalirkan tegangan. Sehingga prosesnya pun memerlukan waktu lama. Selain itu PLTU Asam-Asam yang gagal masuk sistem harus mengulang kembali proses start mesin. (dimana proses start mesin PLTU memerlukan tahapan yang cukup banyak).

Karena posisi suplai daya dari pembangkit belum semuanya dapat tersalurkan melalui transmisi sehingga terdapat beberapa wilayah yang masih mengalami padam.

Hari ini, Jumat (1/9) pada pukul 07.16 Wita, setelah melalui tahapan proses start, alhamdulillah PLTU Asam-Asam Unit 4 dapat sinkron ke sistem. Selanjutnya bertahap akan dilakukan start PLTU Asam-Asam Unit 3 dan apabila berjalan lancar akan sinkron ke sistem pada pukul 14.00 Wita siang ini. Kemudian bertahap Unit 2 pada pukul 21.00 Wita. Demikian juga untuk PLTU Pulang Pisau, setelah proses pengecekan nanti akan mulai persiapan start.

Sebagai informasi baru saja pukul 09.19 Wita (1/9), PLTMG Bangkanai sudah sinkron dan sudah bisa menyuplai ke sistem kelistrikan kalselteng. Namun tetap memerlukan waktu untuk menyalurkan dayanya ke beberapa Gardu Induk. Proses ini memang harus bertahap agar tidak terjadi lagi kondisi membahayakan yang bisa menyebabkan sistem down kembali.

Sekali lagi kami kembali mohon bantuan doanya agar dalam proses pemulihan ini dapat berjalan lancar dan aman. Insyaallah setiap perkembangan akan kami informasikan kembali secara bertahap.

Halaman
12
Penulis: Restudia
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved