Banjarmasin Post edisi Cetak

Listrik Padam, YLKI: Konsumen Bisa Menggugat

PADAMNYA listrik di momen Iduladha 1438 Hijriah adalah ujian bagi PLN untuk mengukur keprofesionalannya dalam mengelola kelistrikan di Kalselteng

Listrik Padam, YLKI: Konsumen Bisa Menggugat

News Analysis
Yusrin Erwanda
Sekretaris YLK Kalsel

PADAMNYA listrik di momen Iduladha 1438 Hijriah adalah ujian bagi PLN untuk mengukur keprofesionalannya dalam mengelola kelistrikan di Kalselteng.

Ketidakprofesionalan ini tidak ayal menuai banyak hujatan terutama melalui media sosial.

Seharusnya, PLN sudah bisa memprediksi kejadian ini jauh sebelum dan menginformasikannya kepada masyarakat. Dengan demikian masyarakat tidak terkejut dan bisa menyiapkan listrik cadangan. Pada kejadian malam itu, tidak ada sama sekali informasi dari PLN.

Kondisi ini menunjukkan PLN tidak mengimbangi kenaikan tarif listrik dan pencabutan sibsidi dengan pelayanan. Seharunya, PLN bersikap profesional dengan membuat konsumen semakin nyaman.

Harapannya, kejadian seperti ini tidak terulang. Apalagi kemarin malam adalah momen penting umat Islam yang merupakan mayoritas di Banua. Warga muslim kesulitan takbiran.

Bila kejadian ini terulang-ulang, Yayasan Lindung Konsumen Kalsel akan menyurati PLN meminta penjelasan resmi. Oleh karena itu kami akan melihat dulu dalam satu dua hari ke depan.

Jika dirasa perlu, tidak menutup kemungkinan YLK melakukan gugatan. Ini tidak lain dalam rangka membela hak konsumen. Gugatan hak konsumen diatur dalam UU Perlindungan Konsumen Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Dalam UU tersebut, pelanggan bisa menggugat PLN. (lis)

Berita ini tayang di koran BANJARMASIN POST edisi hari ini, Sabtu (2/9/2017)

Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved