BanjarmasinPost/

Otomotif

Usaha Rental di Banjarmasin Enggan Beli Mobil MPV Jenis Baru

Kehadiran mobil-mobil jenis MPV terbaru tidak membuat pemilik atau pengelola bisnis rental mobil tertarik membeli.

Usaha Rental di Banjarmasin Enggan Beli Mobil MPV Jenis Baru
KOMPAS.com
Mitsubishi Expander menawarkan perpaduan SUV dan MPV dengan harga kompetitif. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kehadiran mobil-mobil jenis MPV terbaru tidak membuat pemilik atau pengelola bisnis rental mobil tertarik membeli. Justru sebaliknya, mereka enggan membeli mobil MPV jenis terbaru tersebut.

Alasan pun beragam. Mulai dari belum mengetahui kualitas mobil dan kehandalannya, serta belum bisa menprediksi minat penyewa.

Pemilik rental Margasana di Kompleks Bina Brata Banjarmasin, Adhe mengatakan, pihaknya memilih tidak membeli mobil-mobil MPV jenis baru seperti Mitsubishi XPander, terlebih seperti Wuiling dan sejenisnya.

Dia beralasan, masyarakat sudah identik dengan mobil Avanza, Innova. Masyarakat atau konsumen banyak belum mengetahui mobil-mobil baru, apalagi kalau saat mengendarai alami trouble tentu menyulitkan penyewa.

"Pertimbangan kami lainnya, mobil-mobil seperti Avanza, Innova harga jualnya tinggi dan sparepart mudah dicari," katanya.

Hal senada juga diungkapkan pengelola usaha rental mobil, Abdus. Dirinya sempat ingin membeli Sigra produk dari Daihatsu dan juga Calya yang merupakan produk dari Toyota.

Dia mengatakan, menjadi kekhawatirannya adalah daya tahan mobil. Untuk mobil rental, menggunakan mobil yang sudah teruji, seperti Avanza atau Xenia.

"Memang harga mobil-mobil yang baru keluar saat ini murah bahkan sangat terjangkau, tetapi kalau untuk usaha rental memilih yang lebih tangguh," ujarnya.

Bendahara Koperasi Jasa Persewaan Mobil Gotong Royong Bundaran Hasanudin HM Banjarmasin, H Zulkifli mengatakan, pihaknya tidak berani membeli mobil jenis baru dikarenakan belum mengetahui maintenancenya. Terlebih bagi penyewa.

"Kami tidak berani dengan kehadiran mobil baru seperti Xpander, Sigra atau Calya, juga untuk jenis matik. Biasanya yang manual saja dan umumnya maintenance sudah banyak yang tahu," jelasnya.

Dia menambahkan, total mobil anggota Koperasi Jasa Persewaan Mobil Gotong Royong sebanyak 151 unit, didominasi jenis Avanza, Xenia dan Innova serta jenis manual.

Penulis: Hasby
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help