3 Hal yang Kerap Dilakukan Perempuan Hingga Membuat Kulit Berminyak dan Berjerawat

Namun, ada penyebab kulit berminyak bisa disebabkan karena kebiasaan buruk saat merawat wajah.

3 Hal yang Kerap Dilakukan Perempuan Hingga Membuat Kulit Berminyak dan Berjerawat
alodokter.com
ilustrasi perempuan berjerawat 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Wajah berminyak dan berjerawat kerap membuat pusing kaum perempuan. Namun, ada penyebab kulit berminyak bisa disebabkan karena kebiasaan buruk saat merawat wajah.

Berikut 3 hal yang membuat kulit wajah jadi berminyak dan muncul jerawat.

1. Tidak memakai produk pembersih wajah yang sesuai

Banyak perempuan yang memakai produk untuk kulit kering padahal kulitnya sering berminyak. Untuk itu, perlu memilih produk perawatan wajah yang khusus untuk kulit berminyak. Menurut Heidi Waldorf, MD, dermatolog di Waldorf Dermatology Aesthetics mengungkapkan kulit yang berminyak harus dibersihkan dengan pembersih yang mengandung asam salisilat.

Kandungan ini akan menghindari terjadinya penumpukan minyak di wajah yang berpotensi menimbulkan jerawat. Namun, ia juga memiliki sifakt lipofilik yakni membasmi minyak dari sumber produksinya. “Jika menggunakan produk pembersih yang sesuai, kulit akan terasa lembut dan tidak kencang setelah dicuci,” ujarnya.

2. Tidak minum cukup air putih

Tak disangka kebiasaan yang dianggap biasa ini dapat berpengaruh kepada kondisi wajah. Menurut Jordana Mattioli dari Complete Skin MD di New York, minum air putih akan menjaga wajah tetap lembab. Hal ini penting untuk jadi pelindung kulit.

Kulit yang tetap lembab akan mencegah iritasi dari luar seperti bakteri atau sinar UV. Selain minum air putih, bisa memilih produk perawatan wajah yang mengandung asam hyaluronic atau gliserin. Keduanya ternyata memiliki fungsi untuk menyerap minyak dari dalam kulit.

3.Stres

Siapa sangka tekanan psikologis seperti stres bisa menyebabkan kulit jadi berminyak. Joshua Zeichner, M.D., dermatolog di Mount Sinai Medical Center New York mengatakan bahwa perubahan hormon akibat stres dapat meningkatkan produksi minyak pada kulit. Hal ini tentunya membuat jadi punya kulit berminyak.

Apalagi stres kadang membuat tidak teratur dalam hal makanan. Kerap kali jadi mengonsumsi makanan yang tidak sehat akibat stres misalnya makanan berminyak. Padahal dalam Harvard Health Publication mengungkapkan lemak jahat dalam minyak dapat menyebabkan peradangan kulit. Hal ini memicu kulit berminyak dan berjerawat. (Sumber : Cosmopolitan , women's health)

Berita ini dikutip dari nakita.grid.id dengan judul : Ibu yang Sering Melakukan 3 Hal Ini Akan Memiliki Kulit Wajah Berminyak dan Berjerawat

Editor: Murhan
Sumber: Nakita
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help