Berita Banjarbaru

Sungai Rimba Mengeluarkan Bau, Tercemar?

Berdasar data geografis dari Pemko Banjarbaru, dari sebanyak 53 sungai dengan panjang lebar serta kedalaman yang bervariasi

Sungai Rimba Mengeluarkan Bau, Tercemar?
Istimewa
Kondisi Sungai Rimba, Landasan Ulin. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Berdasar data geografis dari Pemko Banjarbaru, dari sebanyak 53 sungai dengan panjang, lebar serta kedalaman yang bervariasi di Banjarbaru, satu di antaranya Sungai Rimba, kondisinya sudah memprihatinkan.

Sungai Rimba memiliki panjang 1.047,39 meter dengan lebar dua meter dan kedalaman 1,2 meter.

Camat Landasan Ulin, Rahmat Taufik tidak menampik kondisi itu. Ditegaskannya, kondisi sungai rimba memang saat ini perlu ada pembenahan karena aliran sungainya kurang lancar dan airnya agak bau.

Wali Kota Banjarbaru, Nadjmi Adhani mengatakan, langkah dilakukan untuk respons keluhan warga sekitar Sungai Rimba Syamsudin Noor.

Dikatakannya, dia sudah bersama beberapa Kepala Dinas terkait, Camat dan Lurah meninjau kondisi Sungai Rimba di Kelurahan Syamsudin Noor.

"Sungai rimba banjir saat musim hujan, dan menimbulkan aroma tidak sedap saat musim kemarau. Kita akan siapkan solusi terpadu melibatkan dinas-dinas terkait untuk mengatasi limbah pabrik tahu dan juga limbah rumah tangga, pembuatan siring supaya aliran airnya lancar dan tidak kebanjiran lagi," kata Nadjmi.

Menurut dia, untuk solusi jangka pendeknya tentu gotong-royong warga membersihkan sungai serta menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, termasuk jangan lagi buang sampah di sungai.

"Kita jaga sungai kita, karena sungai adalah adalah sumber kehidupan," katanya.

Penulis: Nia Kurniawan
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved