Ekbis

UKM Dapat Ilmu Bikin Business Plan

Sebanyak 50 orang UKM se-Kalimantan Selatan mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis Penerapan Business Plan (Rencana Bisnis) bagi Wirausaha Baru

UKM Dapat Ilmu Bikin Business Plan
istimewa
Sebanyak 50 orang UKM se-Kalimantan Selatan mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis Penerapan Business Plan (Rencana Bisnis) bagi Wirausaha Baru di Hotel Treepark Banjarmasin, Rabu (6/9). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Sebanyak 50 orang UKM se-Kalimantan Selatan mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis Penerapan Business Plan (Rencana Bisnis) bagi Wirausaha Baru di Hotel Treepark Banjarmasin, Rabu (6/9).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Selatan dibuka oleh Kepala Dinas Gustafa Yandi, merupakan program dari Bidang Pengawasan bekerja sama dengan HIPMI Kalimantan Selatan.

Gustafa Yandi mengatakan, bimtek ini dapat memberikan bekal dalam perencanaan bisnis bagi UKM yang baru memulai usaha maupun yang akan naik kelas.

"Sesuai UU No 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah bahwa kewenangan pemberdayaan UMKM dibagi tiga, usaha mikro ditangani kabupaten/kota, usaha kecil ditangani provinsi dan usaha menengah/besar ditangani pusat. Namun, semua diperlukan sinergitas karena porsi yang besar dalam menangani usaha mikro," kata Yandi.

Ketua Bidang UKM, Koperasi dan Pengembangan Startup HIPMI Kalimantan Selatan mewakili Ketua Umum, Sudirwo memberikan apresiasi yang tinggi atas kerja sama yang diberikan oleh Dinas Koperasi dan UKM Kalsel dengan melibatkan anggota pengurus dan UKM mitra binaan HIPMI dalam mengikuti kegiatan ini.

"Menuju UKM yang kuat dan cepat naik kelas dibutuhkan sinegitas antara pemerintah, dunia usaha, akademisi dan pelaku usaha itu sendiri. Melalui kegiatan ini akan menjalin komunikasi dan jaringan usaha yang besar bagi sesama peserta," imbuh Sudirwo.

Selain manfaat yang didapat oleh peserta untuk pengembangan usahanya, Sudirwo mengharapkan peserta dari HIPMI dapat membagikan pengalaman dan pengetahuan di daerahnya masing-masing.

Penulis: Hasby
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help