Berita Kabupaten Banjar

Datu Bagul Konon Penyebar Islam di Kalimantan, Makamnya Dimasyurkan Guru Sekumpul

Tidak hanya berasal dari Kota Martapura ataupun Banjarbaru tetapi juga datang dari jauh seperti Banjarmasin, Anjir, Kapuas, Marabahan, Tapin

Datu Bagul Konon Penyebar Islam di Kalimantan, Makamnya Dimasyurkan Guru Sekumpul
hary widodo
Makam Syekh Aminullah atau yang dikenal Datul Bagul beberapa tahun terakhir selalu ramai dikunjungi oleh penziarah. 

BANJARMASINPOST.CO.ID.MARTAPURA-Makam Syekh Aminullah atau yang dikenal Datul Bagul beberapa tahun terakhir selalu ramai dikunjungi oleh penziarah.

Tidak hanya berasal dari Kota Martapura ataupun Banjarbaru tetapi juga datang dari jauh seperti Banjarmasin, Anjir, Kapuas, Marabahan, Tapin, Margasari.

Menurut Ketua Panitia Haul Datu Bagul,. Makam Datu Bagul semakin ramai didatangi penziarah karena saat ini makam tersebut menjadi salah satu rangkaian ziarah makam-makam wali di Martapura.

Menurutnya, masyurnya makam Datu Bagul tidak terlepas dari Guru Sekumpul. Semasa hidupnya, Guru Sekumpul sering beriziarah ke makam tersebut.

Sejak masih muda, ketika berburu burung Guru Sekumpul sering singgah berziaarah ke makam ini.

Hingga saat ini, orang-orang yang datang dari luar kota habib-habib pada malam hari sekitar pukul 02.00 wita berkunjung di makam tersebut.

"Mungkin mereka itu kasaf mata sehingga bisa berkomunikasi dengan Datu Bagul. Diceritakan mereka, Datu Bagul adalah seorang ulama dari Timur Tengah yang menyebarkan Islam di Kalimantan. Banyak orang Dayak Biaju yang memeluk Islam dijaman beliau," katanya.(wid)

Penulis: Hari Widodo
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved