Berita Kalteng

Rawan Kebakaran Lahan, Daerah di Kalteng Dapat Bantuan Alat Ini

Desa dan masyarakat peduli api yang mendapatkan bantuan antara lain, Palangkaraya, sebanyak delapan desa

Rawan Kebakaran Lahan, Daerah di Kalteng Dapat Bantuan Alat Ini
faturahman
Bantuan yang diberikan pemerintah pusat untuk Kalteng. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Pemerintah Pusat melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan memberikan bantuan berupa sarana dan prasarana pendung pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) untuk Kalteng, Jumat (8/9/2017).

Barang yang diberikan antara lain, sepeda motor sebanyak 90 unit pompa air jenis zetshooter sebanyak 127 unit, tablet dilengkapi aplikasi peringatan dini 34 unit yang dibagikan kepada kabupaten dan kota yang diidentifikasi rawan kebakaran

Desa dan masyarakat peduli api yang mendapatkan bantuan antara lain, Palangkaraya, sebanyak delapan desa dan kelurahan, kereng bengkirai, bukittunggal, petukbukit, marang, tangkiling, petuk ketimpun, banturung, dan tahai.

Kabupaten Katingan, empat kelurahan yakni, pendahara, samba katung, kasongan baru, dan talingkai, untuk kabupaten Gubungmas, antara lain, kuala kuurng, di Kabupaten Barito Selatan yakni Mandara, Pararapat, Ruhingraya dan Kalahen.

Kabupaten Barito Timur yakni di Bambulung dan Muara Plantau sedangkan di Barito Utara yakni, Kandui, Pendreh dan Lemo dua, sedangkan di Kotawaringin Barat ada tujuh yakni Sebuai, Mendawai Seberang, Terantang, Kubu, Sungai Bakau, Sungai Kendang dan Baru.

Di Sukamara juga dapat bagian yakni, Sungai Pasir dan Kartamulya, untuk Kabupaten Pulangpisau, ada delapan desa yakni, Pangkuh Hilir, Taliu, Dandang, Gohong, Tumbang Nusa, Taruna Jaya, Pangkuh Hulu, Kantang Muara. Kabupaten Kotim dibagikan ke dua desa yakni Kandan dan Mentaya Seberang.

Sedangkan di Kapuas diberikan kepada tiga desa yakni, Mentangai Hilir, Muara Dadahup dan Mentangai. Sumber dana dari Dipa Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan tahun 2016.

"Patroli terpadu diikuti oleh TNI, Polri, Manggala Agni dan masyarakat peduli api (MPA) Palangkaraya. Saya ingatkan sarana hanya untuk pemadaman kebakaran hutan dan lahan," ujar Kepala Dinas Kehutanan Kalteng, Sri. (Fatutahman/www.banjarmasinpost.co.id)

Penulis: Fathurahman
Editor: Didik Trio
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help