Berita HSS

Satlantas Polres HSS Gelar Latihan PPGD, Bersama BPK dan Warga, Begini Suasananya

Satlantas Polres Hulu Sungai Selatan (HSS) menggelar giat preemtif penyuluhan kepada anggota BPK, Emergency dan masyarakat, Jumat, (8/9/2017).

Satlantas Polres HSS Gelar Latihan PPGD, Bersama BPK dan Warga, Begini Suasananya
HO/Polres HSS
Anggota BPK mempraktekan melakukan pertolongan pertama gawat darurat (PPGD) yang digelar Satlantas Polres HSS, Jumat (8/9/2017) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Satuan lalulintas (Satlantas) Polres Hulu Sungai Selatan (HSS) menggelar giat preemtif penyuluhan kepada anggota BPK, Emergency dan masyarakat, Jumat, (8/9).

Kegiatan ini dilaksanakan di Jalan Raya MTQ Kecamatan Kandangan dengan melibatkan puluhan orang yang terdiri dari masyarakat umum, BPK Parmuk Kandangan, BPK Negara Kecamatan Daha Selatan.

Kegiatan ini dihadiri langsung Kasat Lantas Polres HSS AKP Supriyatno beserta Kanit Laka, Kanit Dikyasa, Kanit Patwal dan para anggota satlantas Polres HSS. Selain mereka juga ada petugas medis IGD RS H Hasan Basry Kandangan.

Materi yang diberikan terkait dengan pertolongan pertama gawat darurat (PPGD) di daerah lawan laka lantas.

Para peserta langsung diajarkan bagaimana cara melakukan pertolongan pertama saat ada korban kecelakaan. Seorang relawan berbaring layaknya korban, kemudian petugas Satlantas memberikan petunjuk bagaimana melakukan penanganan darurat terhadap korban.

"Dengan kegiatan ini, masyarakat dapat mengetahui dan memahami tentang PPGD sehingga dapat memberikan bantuan dan pertolongan pertama kepada korban laka lantas yang berada di daerah rawan laka," kata AKP Supriyatno, Jumat, (8/9).

Menurutnya melalui Kegiatan pembina itu, masyarakat dapat membantu pertolongan pertama menyelamatkan jiwa manusia atau meningkatkan fungsi tanda-tanda vital seperti denyut jantung, suhu tubuh dan jalan pernafasan.

Dengan pelatihan itu, diharapkan dapat mencegah si korban agar tidak lebih buruk keadaannya dan meringankannya dari rasa sakit dan penderitaan. Dalam keadaan kritis, waktu beberapa menit saja dapat membuat perbedaan besar antara sembuh dan kematian. (*)

Penulis: Aprianto
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved