BanjarmasinPost/

Berita Regional

Heboh, Tilang Pakai Alat Bukti CCTV Bakal Diterapkan Bulan Depan, Ini Penjelasan Polisi

Selama September 2017 ini, Polrestabes Surabaya, Jawa Timur sedang melakukan sosialisasi terkiat tilang menggunakan CCTV.

Heboh, Tilang Pakai Alat Bukti CCTV Bakal Diterapkan Bulan Depan, Ini Penjelasan Polisi
Kontributor Magelang, Ika Fitriana
Polres Magelang Jawa Tengah menerapkan e tilang pada pelanggar lalu lintas, di kawasan Jalan Magelang-Yogyakarta, Muntilan, Rabu (5/4/2017). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Selama September 2017 ini, Polrestabes Surabaya, Jawa Timur sedang melakukan sosialisasi terkiat tilang menggunakan CCTV.  Target, mulai bulan depan sudah bisa diterapkan.

Program ini akan diuji coba pada satu tempat, yaitu Perempatan Bratang. Pada titik ini, tercatat 540 pelanggaran dalam waktu sehari yang telah dibuat pengguna jalan.

Dua titik lain akan ditambah selama September ini, yaitu di Perempatan Pucang Anom dan Perempatan Prof Dr Moestopo. Nanti, polisi akan mencari siapa yang melakukan pelanggaran sesuai rekaman CCTV.

Menanggapi hal itu, Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas Polri) Irjen Pol Royke Lumowa menjelaskan, untuk sementara dilakukan di beberapa kota besar, seperti Jakarta dan Surabaya, nantinya serentak dari Sabang sampai Merauke.

"Uji coba pertama kali dilakukan di perempatan Sarinah, Jakarta beberapa waktu lalu. Kali ini di Surabaya, nanti menyusul ke kota besar lainnya," ujar Royke saat dihubungi Otomania.com, Senin (4/9/2017).

Royke mengakui bahwa masih banyak kendala, seperti mekanisme tilang dan lain sebagainya. Sebagai contoh, data pemilik mobil karena ada juga yang sudah balik nama, dan lain sebagainya.

"Itu yang masih menjadi kendala, semuanya masih semi-manual, tetapi kita akan lakukan secara bertahap, daripada tidak sama sekali. Kita akan telusuri sampai ke pengemudinya," kata Royke. (*)

Berita ini telah dipublikasikan di Otomania.com berjudul: Tilang Pakai Alat Bukti CCTV, Ini Penjelasan Polisi

Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Intisari Online
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help