Banjarmasin Post edisi cetak

Kebakaran Besar Lahan di Lianganggang Banjarbaru Diduga Disengaja, Ini Faktanya

Sehari setelah hujan deras di Kalimantan Selatan, kebakaran lahan gambut cukup besar terjadi di kawasan Pengayuan Jalan A Yani Km 26, Lianganggang, Ba

Kebakaran Besar Lahan di Lianganggang Banjarbaru Diduga Disengaja, Ini Faktanya
Koran Banjarmasin Post edisi hari ini, Sabtu (9/9/2017). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Sehari setelah hujan deras di Kalimantan Selatan, kebakaran lahan gambut cukup besar terjadi di kawasan Pengayuan Jalan A Yani Km 26, Lianganggang, Banjarbaru, Jumat (8/9).

Parahnya, kebakaran di lahan kosong yang ditumbuhi semak dan ilalang itu berlangsung hingga lebih dari lima jam.

Api di Jalan A Yani arah ke Tanahlaut itu kali pertama terpantau pukul 11.00 Wita. Hingga pukul 16.00 Wita api belum bisa dipadamkan, walau sejumlah pemadam kebakaran telah berjibaku.

Pantauan BPost, lahan yang terbakar kali ini cukup luas. Asap putih membumbung ke udara dengan radius puluhan meter. Dampaknya, asap pekat menutupi sebagian Jalan A Yani dan mengganggu pengguna jalan.

Pantauan harian ini menggunakan drone, asap terlihat dari sumber api di beberapa titik. Sementara sejumlah relawan pemadam kebakaran berkutat memadamkan api. Mereka datang secara bergantian. Sejumlah mobil tangki terlihat membawa air datang ke lokasi.

Nurdin, warga setempat berujar, api menyebar pada sejumlah titik. Menurut dia, api sebenarnya ada sejak satu pekan lalu. Akan tetapi hari ini merupakan puncaknya. “Setelah kami Salat Jumat, api tiba-tiba sudah membesar,” ujar Nurdin.

Warga lainnya, Abdan, menimpali, kebakaran kemungkinan terjadi di enam titik. Dia juga berucap kebakaran sudah terjadi semenjak beberapa hari lalu.

Lengkapnya baca koran BANJARMASIN POST hari ini, Sabtu (9/9/2017)

Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved