BanjarmasinPost/

Hati-hati, Jangan Menyantap Kombinasi 6 Makanan Ini Bersamaan

Makanan yang baik memang harus beragam. Mulai dari ragam jenis sampai warnanya. Itulah mengapa kita dianjurkan mengonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna

Hati-hati, Jangan Menyantap Kombinasi 6 Makanan Ini Bersamaan
antarafoto.com
udang

BANJARMASINPOST.CO.ID - Makanan yang baik memang harus beragam. Mulai dari ragam jenis sampai warnanya. Itulah mengapa kita dianjurkan mengonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna. Itu agar nutrisi yang masuk ke tubuh juga beragam dan jadi lengkap. Tapi tahukah anda jika beberapa makanan sebaiknya tidak dimakan bersamaan ? Kombinasi makanan ini dipercaya punya efek tertentu pada tubuh.

Berikut adalah beberapa kombinasi makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan.

1. Bayam dan Susu atau Kedelai

Bayam punya kandungan asam oksalat. Susu dan kedelai punya kandungan kalsium yang baik bagi tulang dan gigi. Namun, jika keduanya digabungkan, asam oksalat dapat bereaksi dengan kalsium membentuk endapan yang tidak larut bernama kalsium oksalat. Zat ini terbentuk di dalam usus dan mempengaruhi penyerapan kalsium sehingga menyebabkan penyumbatan di perut.

Itulah sebabnya, bayam sebaiknya tidak dimakan bersama lauk seperti tahu, tempe atau bahan lain yang mengandung kedelai.

2. Susu dan Cokelat

Walau sulit dipercaya, kombinasi keduanya memang tidak baik bagi tubuh. Kasusnya sama dengan bayam dan kedelai. Cokelat mengandung asam oksalat yang akan bereaksi dengan kalsium pada susu. Akibatnya lagi-lagi penyumbatan di usu karena kalsium oksalat.

3. Udang dan Vit C

Sering makan udang dan minum jus jeruk atau es kelapa jeruk? Ternyata kebiasaan ini punya dampak buruk bagi tubuh. Alasannya karena udang punya zat mengandung Arsenic Pentoxide yang akan bereaksi jika bertemu dengan Vitamin C. reaksi ini akan megubah Arsenic menjadi Arsenic Trioxide yang sangat beracun.

Racun ini dikatakan dapat merusak hati, jantung, ginjal dan pembuluh darah. Akibatnya usus akan mengeluarkan darah, pembuluh darah melebar hingga seseorang bisa meninggal dengan kelima panca indera mengeluarkan darah.

Halaman
12
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help