Berita Tanahlaut

Kades Gunungraja Imbau Warganya Awasi Pembakar Lahan Bundung

Penjabat sementara Kepala Desa Gunungraja, Bahruddin mengimbau agar warganya melakukan pengawasan terhadap aktivitas pembakaran lahan

Kades Gunungraja Imbau Warganya Awasi Pembakar Lahan Bundung
Banjarmasinpost.co.id/Mukhtar Wahid
Inilah kebakaran lahan di Desa Gunungraja Kecamatan Tambangulang Kabupaten Tanahlaut Provinsi Kalimantan Selatan, Selasa (22/8/2017). Suasana malam hari membuat upaya regu pemadam terkendala. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI- Penjabat sementara Kepala Desa Gunungraja, Bahruddin mengimbau agar warganya melakukan pengawasan terhadap aktivitas pembakaran lahan di wilayahnya. 

Itu dikatakan seusai memantau kebakaran lahan bundung di belakang Warung Ina di Jalan Nasional, Desa Gunungraja, Kecamatan Tambangulang, Kabupaten Tanahlaut, Provinsi Kalimantan Selatan, Sabtu (9/9/2017). 

Bahruddin mengaku peristiwa kebakaran lahan itu terjadi sekitat pukul 14.00 Wina hingga malam hari titik api masih bermunculan diperkirakan hingga Desa Kayu Habang, Kecamatan Tambangulang

Api menurut Bahruddin sempat membuat cemas karena persis di belakang Warung Ina. Beruntung pemadam kebakaran dari Pemerintah Kabupaten Tanahlaut bertindak cepat.

"Saya sudah sering mengimbau warga Desa Gunungraja. Membakar sampah di belakang rumah pun jika kedapatan saya diingatkan berhati-hati dan dijaga agar tidak merembet," ujarnya. 

Kebakaran lahan itu diduga Bahruddin disengaja dan tidak disengaja. Maksud disengaja itu karena setiap hari ada saja warga yang kedapatan mencari ikan di kerukan saat malam. 

"Bisa saja dibakar sengaja agar tidak ada nyamuk dan ada yang tidak sengaja buang puntung rokok di lahan. Musim seperti ini ikan dikerukan parit itu banyak ikannya," katanya. 

Saat ini, Pemerintah Kabupaten Tanahlaut membangun posko kebakaran lahan dari tenda kain di halaman Kantor Kecamatan Tambangulang untuk memerangi ancaman bahaya kebakaran dan asap lahan. (*)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved