BanjarmasinPost/
Home »

Video

Berita Banjarbaru

NEWSVIDEO: Jamaah Haji Kloter Satu Asal Banjarmasin Tiba, Begini Keadaannya

Setelah 40 hari menjalankan ibadah haji, haji kloter satu asal Banjarmasin tiba di bandara Syamsudin Noor, Sabtu siang, (9/9/2017).

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Setelah 40 hari menjalankan ibadah haji, haji kloter satu asal Banjarmasin tiba di bandara Syamsudin Noor, Sabtu siang, (9/9/2017).

Kedatangan mereka langsung disambut oleh Kakanwil Kemenag Kalsel, Noor Fahmi dan Wakil Gubernur Kalsel, Rudi Resnawan.

Kloter pertama ini berisi 325 jemaah haji dan langsung dibawa menuju asrama haji di Landasan Ulin Banjarbaru.

Wakil gubernur Kalsel, Rudi Resnawan mengatakan untuk jemaah haji kloter pertama asal Kalsel berangkat dan pulang dalam keadaan lengkap dan sehat.

"Walaupun ada yang kelelahan dan kecapekan," ujarnya.

Sementara kepala kantor KKP Kelas dua Banjarmasin, Ruslan Fajar mengatakan untuk jemaah haji kloter pertama semuanya tergolong sehat.

Memang ada yang memakai kursi roda dan ada juga yang sakit, namun sudah merupakan sakit bawaan dari kampung halaman bukan didapat setelah menunaikan ibadah haji.

Selain itu jemaah haji tahun ini membawa sedikit kabar baik dari tahun sebelumnya. Pasalnya tahun ini jemaah haji Kalsel yang meninggal lebih sedikit yaitu selisih satu orang dari tahun lalu.

Jika tahun lalu jumlah jemaah haji asal Kalsel yang meninggal yaitu tujuh orang, tahun ini jemaah haji yang meninggal yaitu enam orang. Kebanyakan dari mereka karena gangguan pernafasan dan jantung.

"Ini karena faktor usia, karena jemaah haji kita 65 persen adalah usia lanjut," ujarnya.

Jika memungkinkan ia berharap agar warga Kalsel bisa lebih cepat mendaftar menjadi jemaah calon haji agar bisa menunaikan ibadah haji di usia lebih muda dan masih kuat.

"Apalagi sekarang masa tunggu sudah mencapai 20 tahun, yang muda-muda segara saja mendaftar haji," ujarnya.

Penulis: Milna Sari
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help