BanjarmasinPost/
Home »

Video

Berita Banjarmasin

NEWSVIDEO: Video Pembuatan Baju Kulit Khas Dayak Berhasil Meraih Piala Jamang

Forum Sineas Banua (FSB) menggelar South Kalimantan Tourism Video Competition 2017.

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Forum Sineas Banua (FSB) menggelar South Kalimantan Tourism Video Competition 2017.

Pada Sabtu (9/9/2017) deretan agenda kompetisi ini rampung, ditandai dengan penyerahan hadiah untuk empat peserta terbaik.

Di antara keempat peserta terbaik itu adalah Bengkel Ide Production dari Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan.

“Kami membuat video tentang pembuatan baju kulit kayu khas Dayak. Baju ini dari pohon ponton dan deruan, merupakan baju khas orang Dayak di Kalimantan, tak hanya di satu sub suku Dayak tetapi seluruhnya. Baju itu hampir punah dan sekarang yang masih melestarikannya, setahu kami hanyalah suku Dayak Deyah di Kecamatan Upau, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan,” papar Budiman dari Bengkel Ide Production.

Pihaknya berhasil meraih piala Jamang kategori Jamang Anggang.

Sedangkan Kitakula Film dari Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan adalah peraih lainnya piala Jamang, namun untuk kategori Jamang Naga.

Rizwan Azhar dari Kitakula Film mengatakan pihaknya menampilkan eksotika destinasi wisata alam Kalimantan Selatan seperti Riam Kanan, Loksado, Bukit Rimpi, Danau Panggang, dan pasar terapung.

“Tim kami ada lima orang. Kami juga menampilkan keindahan batik khas Kalimantan Selatan, yakni sasirangan, musik tradisionalnya, yaitu kuriding dan panting serta hewan khasnya, bekantan,” sebutnya.

Ketua Panitianya, Ade Hidayat mengatakan ada 61 video yang masuk kemudian dipilih empat saja yang terbaik.

Pemenang berhak mendapatkan hadiah berupa piala Jamang dan total uang pembinaan Rp 100 juta.

Penulis: Yayu Fathilal
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help