BanjarmasinPost/

Pilkada Serentak

Pilkada Tala, Taufik Arbain Sarankan Incumbent Gandeng Birokrat Tulen

Kabupaten Tanahlaut akan melaksanakan Pilkada pada 2018. Saat ini sejumlah pihak mulai melakukan persiapan, termasuk para bakal calon bupati dan wak

Pilkada Tala, Taufik Arbain Sarankan Incumbent Gandeng Birokrat Tulen
Taufik Arbain

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kabupaten Tanahlaut akan melaksanakan Pilkada pada 2018.

Saat ini sejumlah pihak mulai melakukan persiapan, termasuk para bakal calon bupati dan wakil bupati.

Kontestasi politiknya pun makin hangat.

Pengamat Politik dan Kebijakan Publik ULM, Taufik Arbain, punya analisa khusus mengenai geliat politik Kabupaten Tanahlaut jelang Pilkada 2018 lantaran dianggap menarik.

Menurut Taufik Arbain, pencalonan Pilkada Tanahlaut tidak sekadar pada masih berpeluangnya incumbent tetapi juga pilihan pilihan rasional (rational choice) bagi elit Tala mengambil keputusan politik untuk bertarung.

"Bahwa saat ini incumbent saya rasa memiliki kans besar bertarung lagi dibandingkan kabupaten lain kecuali HSS. Artinya. Pak Bambang sangat memungkinkan didekati banyak pihak untuk merapat memberikan sokongan partai, sekalipun PDIP sendiri memungkinkan maju sendiri bahkan wakilnya pun dari kader sendiri," terangnya, Senin (11/9).

Namun, akan menjadi pilihan yang bijak ketika mengambil calon wakil dari kalangan birokrat tulen.

Pasalnya, hal ini bagian dari rational choice yg dilakukan bakal calon incumbent dalam rangka melakukan political balancing atas kader-kader partai lain yang potensial untuk menjadi calon wakil bahkan calon bupati.

"Kader partai lain bisa jadi belum puas karena harus jadi wakil. Maka dari itu pilihan calon wakil dari birokrat adalah jalan tengah yang cerdas," kata Taufik.

Alasan lainnya adalah, pilihan birokrat pun tidak sembarangan tetapi dari Bappeda Tanahlaut yang secara makro dan mikro memahami peta pembangunan Tala ke depan.

"Hanya saja perlu dilakukan lebih jauh konsolidasi pada partai-partai pengusung dalam memainkan mesin partai sebagai kendaraan politik pemenangan. Demikian juga calon wakil juga melakukan konsolidasi politik pada kelompok infrastruktur politik nonpartai dalam rangka menjawab amanah undang-undang guna menuju harapan kemenangan Pilkada," jelas Taufik Arbain. (rendy nicko)

Penulis: Rendy Nicko
Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help