Berita Hulu Sungai Utara

Bidan di Desa Ini Diwajibkan Siaga 24 Jam, Tak Boleh Pulkam dan Pasien Dilaran Dibawa Orang Lain

Mereka memang ditugaskan di tempat asal. Ini agar tidak ada alasan bagi bidan yang sering pulang kampung.

Bidan di Desa Ini Diwajibkan Siaga 24 Jam, Tak Boleh Pulkam dan Pasien Dilaran Dibawa Orang Lain
Istimewa
Hadiati (27), warga Desa Padang Bangkal, Kecamatan Sungai Pandan, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) terpaksa melahirkan di kelotok 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Kepala UPT Puskesmas Alabio, Kabupaten Hulu Sungai Utara, H Danu F Fotohena SKm mengatakan bidan desa yang bertugas di daerah terpencil seperti Padang Bangkal diwajibkan siaga 24 jam.

Mereka memang ditugaskan di tempat asal. Ini agar tidak ada alasan bagi bidan yang sering pulang kampung.

Untuk melayani masyarakat, Danu mengatakan mereka bekerja sama dengan kepala desa, termasuk menyiapkan alat transportasi seperti kelotok untuk membawa pasien yang membutuhkan rujukan.

"Saat ada pasien yang dibawa ke Poskesdes, kelotok langsung disiapkan dan tidak diperbolehkan dibawa oleh siapapun, sehingga saat dilakukan rujukan kelotok telah tersedia," ungkapnya.

Plt Kepala Dinas Kesehatan HSU dr Agus Fidliansyah mengatakan apa yang dilakukan oleh bidan desa seperti Ernia sudah sangat baik.

Kesigapan dalam memberikan pertolongan hingga ibu dan bayi selamat sangat diperlukan. "Jangan sekali-kali menyerahkan proses persalinan kepada dukun beranak, karena resikonya sangat besar," ujarnya.

Selain Padang Batung, dua desa lainnya di Kecamatan Sungai Pandan juga tergolong sulit dijangkau dan harus menggunakan kelotok.

Desa itu adalah Putat Atas dan Pondok Babaris. Keduanya juga memiliki poskesdes dan bidan yang memang berdomisili di sana.
Kepala desa juga telah membantu menyiapakan kelotok untuk mengantar pasien yang perlu rujukan ke Puskesmas atau RSUD Pembalah Batung.

Berita lengkap baca BPost Cetak edisi Selasa (12/9/2017) atau http://banjarmasin.tribunnews.com/bpost/index.php?hal=1

Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved