Berita Balangan

Temu Lapang Gerakan Tanam Kedelai di Balangan

Dalam rangka meningkatkan hasil panen kedelai di Kabupaten Balangan digelar acara temu lapang "Gerakan Tanam Kedelai", Selasa (11/7/2017).

Temu Lapang Gerakan Tanam Kedelai di Balangan
istimewa
Dalam acara tersebut Kepala Dinas Pertanian Balangan, Tuhalus menyampaikan bahwa untuk Balangan kedelai ditarget 1350 Ha. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Dalam rangka meningkatkan hasil panen kedelai di Kabupaten Balangan digelar acara temu lapang "Gerakan Tanam Kedelai", Selasa (11/7/2017).

Kegiatan dengan tema Ayooo... Bergerak untuk Tanam Kedelai !!! Dan sekaligus kegiatan peningkatan Produksi Pertanian 2017 ini bertempat Desa Batu Merah Kecamatan Lampihong Kabupaten Balangan.

Dalam acara tersebut Kepala Dinas Pertanian Balangan, Tuhalus menyampaikan bahwa untuk Balangan kedelai ditarget 1350 Ha.

Namun saat ini baru terealisasi 150 Ha sehingga diharapkan lahan yang ada dimanfaatkan untuk menanam kedelai.

"Karena mulai dari pupuk dan bibit dibantu oleh pemerintah sehingga diminta untuk para petani mempunyai niat untuk meningkatkan hasil produksi kedelai," ujarnya.

Sementara itu Dandim 1001 yang diwakili oleh Kapten Inf Tajuddin Noor mengatakan, sesuai amanat bahwa peran TNI Operasi Militer selain perang adalah membantu Pemerintah Daerah.

"Yang salah satunya mendukung program dalam peningkatan pertanian di Balangan. Kami Prajurit siap bersama dengan Dinas Pertanian untuk mengawal dan membantu masyarakat dalam peningkatan pertanian kedelai agar mencapai target," katanya.

Oleh karena itu ini merupakan peran sinergi Babinsa Kodim 1001/amt-blg dan PPL Distan dalam mendukung swasembada pertanian di Balangan.

Lebih lanjut juga harapkan bila ada kendala di lapangan agar disampaikan kepada Babinsa dan PPL sehingga segala hambatan dapat teratasi guna mendukung target Pemerintah swasembada hasil Kedelai di Balangan.

Dalam kegiatan tersebut dilakukan penyuluhan lapangan yang disampaikan oleh Haryanto yang memberikan penyuluhan dari bibit unggul hingga proses tanam dan panen.

Dalam akhir kegiatan dilakukan penarikan undian kepada kelompok Tani yang berhadiah Alat Semprot hama dan Pupuk dan Bibit unggul guna merangsang minat tanam petani.

Penulis: Elhami
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved