BanjarmasinPost/

Berita Banjarmasin

Dosen Ini Berikan Tips Hindari Bully

"Setelah pulang dari sini, Mahasiswa harus sadar apa yang akan dan boleh mereka lakukan serta apa yang jangan," ucap Dosen Jurusan Teknologi Industri

Dosen Ini Berikan Tips Hindari Bully
banjarmasinpost.co.id/isti rohayanty
seminar pengembangan diri 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - "Setelah pulang dari sini, Mahasiswa harus sadar apa yang akan dan boleh mereka lakukan serta apa yang jangan," ucap Dosen Jurusan Teknologi Industri Pertanian ULM, Alia Rahmi.

Sebagai dosen sekaligus narasumber pada kegiatan seminar pengembangan diri yang dilaksanakan oleh Pusat Layanan Bimbingan dan Konseling (PLBK) ULM, ia mengatakan mahasiwa harus mengerti apa itu Bully, bahkan jenis bully yang tanpa disadari sekalipun.

"Semisal ketika orang memanggil secara fisik, mungkin saja itu ia anggap panggilan sayang, tapi menurut saya secara etika itu tidak baik," ucap Alia pada acara seminar tersebut, Rabu (13/9/2017).

Pada seminar tersebut ia menyarankan mahasiwa agar menuliskan tiga nama teman terpecaya mereka. Dimana menurut Alia teman sangatlah berperan penting untuk menghindari bully.

"Karena bullying merupakan animal insting dimana mengejar yang paling lemah. Makanya kamu harus dekati orang-orang. Terutama teman yang sudah dipercaya dan teruji," pintanya kepada para peserta seminar.

Selain itu ia juga memberikan pengertian kepada mahasiwa tentang mendefinisikan bahwa hal yang dilakukan tanpa sadar kadang merupakan bully. Sehingga ia ingin ngasih batasan agar orang tidak bisa dengan mudah mengatakan kalau dirinya tidak melakukan bully.

Terlebih secara pribadi, Alia inginkan kasus bully atau perundingan berhenti. Apalagi ketika ada batasan, artinya menurut Alia saatnya perundungan dihindari.

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help