BanjarmasinPost/

Berita Tanahlaut

Keren, Dosen Politala Ciptakan Mesin Pakan Kambing Otomatis

Anton dan anggota tim berharap dengan adanya mesin pembuat pakan kambing fermentasi otomatis ini, dapat berguna bagi peternak kambing

Keren, Dosen Politala Ciptakan Mesin Pakan Kambing Otomatis
Banjarmasinpost.co.id/Nia Kurniawan
Dosen Politeknik Negeri Tanahlaut (Politala) berhasil menciptakan mesin pembuat pakan kambing fermentasi otomatis. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Dosen di Kalsel semakin menunjukkan kreativitas dan temuan inovasi berbasis teknologi. Dosen Politeknik Negeri Tanahlaut (Politala) berhasil menciptakan mesin pembuat pakan kambing fermentasi otomatis.

Alat itu diberi nama i-GITA. Penciptaan i-GITA tidak lepas dari dukungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi yang telah memberikan dana melalui Program Calon Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (CPPBT) tahun 2017.

Setelah bersaing dengan lebih dari 800 proposal dari perguruan tinggi se-Indonesia, akhirnya tim Politala yang terdiri dari Anton Kuswoyo, Mufrida Zein, Jaka Darma Jaya, Sukma Firdaus dan Nuryati berhasil memenangkan hibah CPPBT tahun ini.

Ketua tim, Anton Kuswoyo mengatakan, dengan menggunakan i-GITA, pakan kambing dapat dibuat dengan lebih cepat. Pakan kambing hasil olahan pun dapat disimpan dalam waktu lama, sehingga tidak kerepotan mencari rumput tiap hari.

Selain itu, pakan kambing fermentasi ini mengandung nilai gizi yang sangat baik bagi pertumbuhan kambing.

Anton dan anggota tim berharap dengan adanya mesin pembuat pakan kambing fermentasi otomatis ini, dapat berguna bagi peternak kambing yang ingin memelihara kambing secara intensif.

Dengan begitu, hasilnya pun dapat meningkat yang berdampak pada meningkatnya penghasilan para peternak kambing.

Temuan ini disambut antusias Direktur Politeknik Negeri Tanah Laut, Mufrida Zein dan kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) Politala, Marlia Adriana.

Penulis: Nia Kurniawan
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help