BanjarmasinPost/

Perhatikan 5 Tanda Ini, Mungkin Anak Anda Menderita ADHD

Saat Anda menyuruh si kecil duduk diam, tapi ia terus mencari cara untuk tetap berlari atau melakukan aktivitas lain.

Perhatikan 5 Tanda Ini, Mungkin Anak Anda Menderita ADHD
The Star
Penyandang autisme yang beru berumur 7 tahun ini mampu menulis cerpen. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) adalah gangguan kesehatan mental yang dapat memengaruhi perkembangan anak secara individual atau sosialnya.

ADHD disebabkan oleh gangguan sirkuit di otak. Otak anak ADHD sedikit berbeda dengan anak normal. Sayangnya, gejala ADHD sangat sulit dikenali karena tak jauh berbeda dengan anak yang hiperaktif. Namun ada tanda-tanda lain yang menunjukkan bahwa si kecil menderita ADHD atau tidak.

Berikut ini 5 tanda anak menderita ADHD:

1. Selalu merasa gelisah

Orangtua perlu waspada jika si kecil terlihat gelisah, biasanya ditunjukkan dengan sikapnya yang tak bisa duduk diam. Bahkan mereka hampir tak pernah duduk, hanya terus berlari dan melakukan apapun tanpa henti.

Saat Anda menyuruh si kecil duduk diam, tapi ia terus mencari cara untuk tetap berlari atau melakukan aktivitas lain. Hal itu adalah tanda anak menderita ADHD.

2. Emosional

Anak penderita ADHD biasanya akan mengalami kesulitan untuk menjaga emosinya, baik atau buruk, senang atau marah. Tak hanya itu, anak penderita ADHD juga umumnya memiliki emosi yang meledak-ledak dan tidak terkontrol. Hal terssebut tentu saja sangat berbahaya bagi dirinya maupun teman sepermainannya.

3. Susah fokus

Saat Anda bertanya kepada si kecil, apakah ia mendengarkan apa yang telah dikatakan dan ketika diminta untuk mengulang, ia tak tahu apa yang telah didengarnya.

Halaman
12
Editor: Murhan
Sumber: Nakita
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help